Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisGorong-gorong Jalan Desa Pusakasari Ciamis Ambles, Sumbat Pasokan Air

Gorong-gorong Jalan Desa Pusakasari Ciamis Ambles, Sumbat Pasokan Air

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Gorong-gorong jalan Dusun Lengkong, Desa Pusakasari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambles. Kondisi ini membuat saluran irigasi Pasarean tersumbat. Sehingga saat hujan deras, air meluap dan membanjiri jalan.

Ade, warga setempat mengatakan, ambruknya gorong-gorong terjadi karena banyaknya kendaraan bermuatan berat yang melintas. Kondisi gorong-gorong tersebut usianya sudah tua, maka tidak kuat menahan beban.

“Gorong-gorong ambles ini mengakibatkan pasokan air untuk areal persawahan blok Pasarean tidak normal seperti biasanya. Jadi hanya mengandalkan talang pipa paralon,” ujar, Ade, Kamis (30/06/2022).

Baca Juga: Jalan Retak dan Ambles di Pamarican Ciamis Bahayakan Pengendara

Warga pun berharap agar gorong-gorong jalan Desa Pusakasari ini diperbaiki. Sehingga pasokan air ke area persawahan kembali normal. Aliran air pun tidak tersumbat dan membanjiri jalan saat terjadi hujan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Pusakasari Nanang, melalui perangkat Desa Agus membenarkan tentang gorong gorong yang ambles. Pemerintah desa pun sudah berencana untuk memperbaiki gorong-gorong jalan yang ambles tersebut.

“Kami pemerintah desa sudah mengetahuinya. Ini sudah masuk ke dalam perencanaan pembangunan tahun 2022,” ujar Agus.

Baca Juga: Warga Cigantang Kota Tasikmalaya Minta Jalan Ambles Segera Diperbaiki

Pemerintah desa telah memprioritaskan untuk perbaikannya. Saat ini tinggal menunggu jadwal pencarian anggaran.

“Ya, tinggal menunggunya saja perbaikan akses gorong-gorong itu sudah menjadi skala prioritas,” jelasnya. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)