Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita CiamisHadiri Pelepasan Siswa SMPN 1 Ciamis, Wabup Yana Pesan Ini ke Orang...

Hadiri Pelepasan Siswa SMPN 1 Ciamis, Wabup Yana Pesan Ini ke Orang Tua Siswa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Wakil Bupati Ciamis, Jawa Barat, Yana D Putra menghadiri kegiatan pelepasan siswa kelas 9 SMPN 1 Ciamis, Kamis (16/6/2022).

Pada kesempatan itu, Yana mengucapkan rasa syukur lantaran tahun 2022 ini, kegiatan pelepasan siswa bisa kembali dilaksanakan, setelah 2 tahun dilaksanakan terbatas lantaran pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, tahun ini pelesapan siswa bisa dilaksanakan secara meriah,” ujar Yana.

Ia pun berpesan kepada orang tua siswa, agar mendidik dan membina anak-anaknya dengan benar. Kata dia, sekolah yang paling utama bagi siswa adalah keluarga.

“Orang tua merupakan sekolah pertama bagi anak, sementara tugas guru di sekolah itu untuk meningkatkan kompetensinya agar menjadi generasi yang berilmu dan berakhlakul karimah,” jelasnya.

Baca juga: Sinergi dengan Lapas, Bupati Ciamis Terima Penghargaan dari Kemenkumham RI

Yana menuturkan, pola pendidikan bagi anak harus sesuai dengan zamannya, sesuai dengan ajaran Sahabat Ali bin Abi Thalib.

Lanjutnya, cara mendidik anak terbagi kedalam 3 tahap, yakni usia 1-7 tahun perlakukan seperti raja, usia 7 tahun sampai 14 tahun perlakukan layaknya tawanan, agar mereka tahu mana yang benar dan mana yang salah.

“Sementara di usia mereka menginjak 14 sampai 21 tahun, perlakukan mereka seperti sahabat,” katanya.

Dengan pola ajar tersebut lanjut Yana, diharapkan bisa menciptakan generasi penerus yang lebih baik.

Adapun kegiatan pelepasan siswa kelas 9 SMPN 1 Ciamis, diisi oleh tampilan kesenian dari anak-anak SMPN 1 Ciamis. (R8/HR Online/Editor Jujang)