Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisHerdiat Ingatkan Kades di Ciamis Jangan Terlibat Hukum

Herdiat Ingatkan Kades di Ciamis Jangan Terlibat Hukum

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, Jawa Barat, Herdiat Sunarya mengimbau para kepala desa (Kades) di Ciamis agar tidak terlibat kasus hukum.

“Untuk itu, saya meminta kepada Bapak dan Ibu Kepala Desa agar selalu tertib administrasi,” ujar Herdiat saat membuka pelatihan kepemimpinan Kepala Desa di Aula BKPSDM Ciamis, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Bupati Ciamis Sebut Peran Guru TK Penting untuk Cetak Generasi Emas

Ia pun mengingatkan, agar para kepala desa memiliki kehati-hatian dan ketelitian dalam setiap mengambil kebijakan.

Pasalnya, saat ini semua masyarakat bisa mengawasi gerak-gerik pemerintah Desa.

“Jadi jangan sampai Bapak Kades dan Ibu Kades terlibat masalah hukum, karena yang bisa menjawab itu bukan Bapak/Ibu, tapi dari hasil bukti administrasi,” ujar Bupati Ciamis.

Herdiat juga mengajak para Kades yang baru dilantik, agar segera bekerja dan melayani masyarakat.

“Segera berlari kencang, tingkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan, saat ini kondisi pemerintah Desa di Ciamis masih ada kelemahan,yakni dalam hal administrasi karena kurangnya SDM di tingkat Desa.

Sehingga lanjut Bupati, perlu adanya pelatihan-pelatihan untuk aparatur desa agar bisa meningkatkan kapasitasnya, untuk menunjang administrasi.

Bupati juga menyoroti rendahnya kedisiplinan aparat desa.

“Saya titipkan juga, kedisiplinan aparat Desa. Maka saya minta kepada Pak Kades agar menumbuhkan sikap disiplin kepada aparatnya,” jelas Herdiat.

Herdiat juga mengimbau para Kades di Ciamis agar membuat terobosan dan inovasi, demi kemajuan Desa. (R8/HR Online/Editor Jujang)