Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita NasionalIni Syarat Dapat Set Top Box Gratis untuk Nonton Siaran TV Digital

Ini Syarat Dapat Set Top Box Gratis untuk Nonton Siaran TV Digital

Syarat untuk dapat Set Top Box (STB) gratis salah satunya adalah termasuk kategori masyarakat rumah tangga miskin.

Pemerintah Kementerian Kominfo memang akan membagikan sebanyak 1 juta Set Top Box secara cuma-cuma menjelang dimatikannya siaran TV Analog di seluruh Indonesia.

Sebelumnya pemerintah telah memulai program Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV Analog melalui tiga tahapan.

Tahapan pertama sudah dilakukan pada 30 April 2022 lalu, sebanyak 8 kabupaten/kota tidak lagi menangkap siaran TV Analog. Masyarakat di wilayah tersebut menonton televisi melalui siaran TV Digital.

Selanjutnya tahapan kedua ASO akan dilakukan pada 25 Agustus 2022, dan tahapan ketiga yang merupakan tahap terakhir ASO akan dilakukan pada 2 November 2022.

Sesuai amanat Undang-undang Cipta Kerja, target dimatikannya seluruh siaran TV Analog di Indonesia adalah pada 2 November 2022.

Setelah tanggal itu, diharapkan tidak ada lagi wilayah di Indonesia yang bisa menangkap siaran TV Analog dan masyarakat sepenuhnya beralih ke siaran TV Digital.

Cara Nonton Siaran TV Digital dengan Set Top Box

Sementara itu untuk menonton siaran TV Digital, masyarakat tak perlu membeli TV baru atau antena baru. TV Analog lama dan antena UHF lama yang biasa digunakan di rumah juga bisa digunakan untuk menangkap siaran TV Digital.

Baca Juga: TV di Rumah Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Ceknya!

Hanya saja masyarakat perlu menggunakan Set Top Box, perangkat yang digunakan untuk menangkap siaran TV Digital meskipun pesawat televisi yang digunakan masih Analog.

Dalam hal ini, pemerintah melalui Kementerian Kominfo akan membagikan 1 juta Set Top Box.

Selain dari pemerintah, berbagai lembaga penyiaran juga akan membagikan Set Top Box gratis kepada masyarakat.

Baik Lembaga Penyiaran Publik (LPP) dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) penyelenggara multiplexing (MUX) memiliki komitmen menyediakan Set Tip Box gratis bagi masyarakat kategori rumah tangga miskin.

Untuk menangkap siaran digital, rumah tangga miskin akan mendapatkan Set Top Box gratis yang berasal dari SCTV dan Indosiar sebanyak 1.213.750 STB.

MetroTV sebanyak 704.378 STB, RCTI dan GTV sebanyak 1.143.121 STB, TransTV dan Trans& sebanyak 616.515 STB, RTV sebanyak 500.000 STB.

Selanjutnya STB dari TV One dan ANTV sebanyak 149.587, Nusantara TV 3.000 STB, dan dari pemerintah melalui Kementerian Kominfo sebanyak 1.000.000 STB.

Apa Saja Syarat untuk Dapat Set Top Box Gratis?

Mengutip dari laman siarandigital.kominfo.go.id, syarat untuk mendapat Set Top Box gratis adalah WNI yang dibuktikan dengan KTP.

Baca Juga: Cara Memindahkan Siaran TV Analog ke Digital, Pakai Set Top Box SNI

Tidak semua WNI bisa mendapatkan Set Top Box gratis, karena syarat selanjutnya adalah masuk dalam kategori Rumah Tangga Miskin.

Selanjutnya, warga yang ingin dapat Set Top Box gratis harus terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kementerian Sosial.

Selain itu, syarat lainnya adalah penerima Set Top Box gratis tersebut memiliki TV Analog di rumahnya.

Syarat selanjutnya untuk dapat Set Top Box gratis adalah wilayahnya terdampak ASO. Dengan kata lain TV Analog di wilayah penerima Set Top Box gratis ini sudah dimatikan. Pada daerah tersebut, siaran TV beralih sepenuhnya ke siaran digital. 

Bagi yang sudah terdaftar sebagai penerima Set Top Box gratis maka tinggal menunggu dibagikan, dan tak perlu mendaftar lagi.

Itulah syarat dapat Set Top Box gratis untuk menikmati siaran TV Digital yang lebih jernih, bening, dan canggih. Selain itu program siarannya juga lebih banyak. (Karwati/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

#ASO #ASO2022 #AnalogSwitchOff #SiaranDigitalIndonesia #TVDigital