Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruInteraksi dalam Ekosistem, Berikut Ini Macam-Macam dan Penjelasannya!

Interaksi dalam Ekosistem, Berikut Ini Macam-Macam dan Penjelasannya!

Interaksi dalam ekosistem tentunya melibatkan berbagai macam organisme yang ada di dalamnya.

Sebagai makhluk hidup, manusia maupun hewan tentu harus berinteraksi terhadap organisme lainnya. Di dalam ekosistem, banyak interaksi yang terjadi.

Hubungan timbal balik atau interaksi tersebut sejatinya akan sangat mempengaruhi kehidupan populasinya dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Baca Juga: Perbedaan Ekosistem dan Ekologi di Dalam Lingkup Biologi, Simak di Sini!

Macam-Macam Interaksi dalam Ekosistem

Apa itu ekosistem? Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk akibat adanya hubungan timbal balik.

Tentu saja ekosistem tidak dapat memisahkan makhluk hidup dan lingkungan mereka. Organisme dalam ekosistem akan melakukan berbagai interaksi untuk bertahan hidup.

Berikut ini contoh beberapa interaksi yang ada di ekosistem.

Simbiosis

Pertama ada simbiosis yang berarti sebagai hubungan antara dua organisme. Interaksi ini terbagi menjadi 3 yaitu komensalisme, mutualisme, dan juga parasitisme.

Simbiosis mutualisme akan menguntungkan kedua individu yang terlibat di dalamnya dan simbiosis komensalisme hanya menguntungkan satu pihak saja, sedangkan pihak lainnya tidak rugi maupun untung.

Terakhir ada simbiosis parasitisme yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan yang lainnya merugi.

Kompetisi

Jenis interaksi selanjutnya adalah kompetisi. Secara definisi, interaksi merupakan persaingan yang terjadi di antara dua spesies dalam ekosistem.

Kompetisi terbagi menjadi dua yaitu intraspesies dan juga interspesies. Kompetisi interspesies melibatkan dua spesies yang berbeda, sedangkan intraspesies tidak.

Baca Juga: Simbiosis dalam Ekosistem, Berikut Jenis, Penjelasan, dan Contohnya!

Predasi

Apakah kamu mengetahui arti dari predasi? Predasi adalah jenis interaksi yang terjadi antara pemangsa dan mangsanya.

Contoh dari interaksi ini seperti buaya yang memangsa kerbau atau singa yang memangsa kelinci.

Rantai Makanan

Kamu pasti pernah mendengar istilah rantai makanan sebelumnya. Namun, apakah kamu mengetahui apa itu rantai makanan?

Rantai makanan merupakan jalur pemindahan atau transfer berupa energi dari satu organisme ke organisme lain yang memiliki perbedaan tingkat trofiknya.

Perpindahan energi yang ada dalam rantai makan adalah dengan melalui peristiwa makan dan dimakan. Pada rantai makanan terdapat beberapa tingkatan yang mulai dari produsen, konsumen I, konsumen II, hingga terakhir konsumen III.

Jaring-Jaring Makanan

Secara singkat mungkin jaring-jaring makanan mirip dengan rantai makanan, tetapi keduanya berbeda.

Sebagai jenis interaksi dalam ekosistem, jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari beberapa rantai makanan yang saling bersinggungan.

Dengan kata lain, jaring-jaring makanan merupakan rantai makanan yang jauh lebih kompleks dan terdiri dari lebih banyak pilihan makanan di dalamnya.

Baca Juga: Pengertian Ekosistem dan Contohnya, Simak Penjelasannya Disini!

Piramida Ekologi

Kalau jenis interaksi terakhir ini merupakan sebuah diagram. Piramida ekologi menunjukkan susunan tingkat trofik satu dan tingkat trofik lainnya berdasarkan jumlah, biomassa, dan kemampuan dalam menyimpan energi.

Sesuai dengan namanya, tentu saja susunan dan komposisi piramida semakin ke atas akan semakin mengecil. Pada bagian dasar piramida adalah produsen, sedangkan bagian atas merupakan konsumen puncak.

Terdapat total enam jenis interaksi dalam ekosistem yang wajib kamu ketahui. Mereka semua sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan dan keseimbangan suatu ekosistem. (R10/HR-Online)