Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarJalan Perintis Kemerdekaan Kota Banjar Kembali Diberlakukan Dua Arah

Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Banjar Kembali Diberlakukan Dua Arah

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Petugas sudah kembali memberlakukan dua jalur untuk Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Banjar, tepatnya mulai dari simpang empat Djarum hingga simpang empat Alun-alun Kota Banjar.

Pasalnya, selama kasus Covid-19 masih tinggi, pemerintah melakukan penutupan dari arah barat menuju timur. Tujuan one way atau satu jalur tersebut bertujuan untuk mengurangi mobilisasi masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar, Ajat Sudrajat melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Fera Mada Pratama membenarkan pihaknya sudah membuka jalur dari barat menuju timur sejak hari Sabtu (25/6/2022) pagi.

“Hasil pembicaraan dengan ibu Wali kota, bahwa Jalan Perintis Kemerdekaan dinormalkan kembali jadi dua,” kata Fera Mada Pratama, Senin (27/6/2022).

Ia menjelaskan, jalan tersebut kembali diberlakukan dua jalur karena situasi kasus Covid-19 saat ini sudah mulai terkendali.

“Selain itu, juga supaya perekonomian lebih meningkat kembali setelah pandemi ini melandai,” jelasnya.

Namun jika situasi tidak memungkinkan karena kasus Covid-19 meningkat dan intensitas kendaraan padat, maka jalur tersebut akan kembali one way.

“Ketika hasil lapangan terjadi kenaikan Covid-19 lagi atau kemacetan tinggi, bisa saja jalan Perintis Kemerdekaan ini kembali satu arah lagi,” terang Fera.

Sementara itu, Manager Toserba Pajajaran, Teguh Hartanto mengatakan, pembukaan dua jalur jalan tersebut, karena pihaknya membuat petisi dengan para pelaku usaha lainnya.

“Alhamdulillah karena itu prosesnya ada petisi dari lingkungan para pelaku usaha. Kemudian petisi itu tembuskan ke Wali kota, Kapolres, dan Dishub,” kata Teguh.

Menurut Teguh, saat jalan Perintis Kemerdekaan berlaku satu arah, hal itu sangat berpengaruh terhadap para konsumen yang akan berbelanja.

“Akan tetapi, itu juga dengan catatan kita harus membantu kelancaran lalu lintas dan pengendalian Covid-19. Tentunya kami sangat berterima kasih untuk hal itu,” pungkasnya. (Sandi/R5/HR-Online/Editor-Adi)