Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TasikmalayaJelang Idul Adha, Perajin Golok Galonggong Tasikmalaya Banjir Pesanan

Jelang Idul Adha, Perajin Golok Galonggong Tasikmalaya Banjir Pesanan

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Menjelang Hari Raya Idul ldha 1443 H atau tahun 2022, perajin golok dan pisau untuk menyembelih hewan Kurban di Kampung Galonggong, Desa Cilangkap, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat banjir pesanan.

Dede Yayat Hidayat perajin Golok Galonggong Tasikmalaya mengatakan, setiap menjelang Hari Raya Idul Adha dirinya selalu banjir pesanan, terutama golok untuk sembelih hewan. 

“Golok banyak pesanan untuk sembelih hewan Kurban, bukan hanya golok saja tetapi juga pisau-nya pun banyak yang pesan, kalau pisau untuk menyisit daging,” ucapnya, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Ratusan Ribu Ikan Mati Tercemar Limbah Sampah TPA Ciangir Tasikmalaya

Harga Golok tersebut ditarif dengan harga bervariasi, untuk harga golok petani mencapai Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu. Sedangkan untuk harga golok hias mulai harga Rp 500 ribu bahkan hingga Rp 5 juta. 

“Kalau yang pesan banyak, sudah menyebar di Indonesia, seperti Kalimantan, Sumatera Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” katanya.

Para penrajin Golok Galonggong sempat mendapat dukungan dari Pemkab Tasikmalaya melalui Dinas Perindustrian Kabupaten Tasikmalaya. Salah satunya melalui bantuan perbaikan kios yang rusak.

“Pernah dibantu sama pemerintah. Bahkan tadinya kios-kios tidak layak untuk dijadikan tempat jualan. Sekarang kios tersebut layak untuk ditempati lantaran dibantu diperbaiki oleh Dinas tersebut,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -