Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruJenis Karpet Mobil Secara Umum Hingga Kelebihannya, Pilih Mana?

Jenis Karpet Mobil Secara Umum Hingga Kelebihannya, Pilih Mana?

Jenis karpet mobil yang beredar di pasaran cukup banyak dan beragam. Meskipun banyak orang yang menganggapnya sepele, namun karpet mobil memiliki peran yang penting dalam mobil.

Karpet mobil ini merupakan alas kaki dalam interior mobil yang berfungsi sebagai komponen untuk memperindah interior juga melindungi bagian bawah mobil dari goresan.

Karena perannya tersebut, di pasaran telah tersedia karpet dengan berbagai macam bentuk dan bahan pembuatan.

Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa alas interior mobil ini hanya berbahan karet saja. Padahal banyak sekali jenisnya.

Baca Juga: Karpet Lantai Mobil Berdasarkan Fungsi dan Jenis Bahannya

Berbagai Jenis Karpet Mobil yang Perlu Diketahui

Tahukah Anda, jenis karpet untuk kendaraan ini cukup banyak. Penggunaan bahan yang tepat mampu memberikan kenyamanan juga kesan premium pada kendaraan.

Untuk itu ketahui jenis dan kelebihannya sebagai berikut.

Karet Mobil Sintetis

Jenis pertama adalah berbahan sintetis. Karpet ini cukup populer dan diminati banyak orang.

Kelebihannya adalah dari segi harga yang murah dan mudah mendapatkannya.

Sementara dari segi perawatan, jenis ini tidak membutuhkan perhatian khusus. Bahan ini sangat mudah dibersihkan dan hadir dengan varian warna beragam.

Karpet PVC

Jenis karpet mobil selanjutnya adalah karpet PVC. Karpet dari provinil Clorida ini sering dikenal dengan karpet mie.

Jenis ini juga banyak penggemarnya karena keunggulannya bersaing dengan jenis lainnya.

Salah satunya adalah daya cengkram yang baik pada kaki. Terutama tekstur yang fleksibel membuat mudah saat memasangnya dan membuat kaki pengguna lebih nyaman dari lainnya.

Modern ini, karpet PVC memiliki beberapa varian yang lengkap dengan teknologi antibakteri.

Sehingga karpet tidak mudah berjamur maupun bau apek sekalipun. Hanya saja dari segi perawatannya cukup sulit.

Baca Juga: Membersihkan Kabin Mobil, Cara Tepat untuk Terhindar dari Virus

Karpet Beludru

Jenis beludru sangat murah di pasaran. Selain itu, mudah dalam pengaplikasiannya.

Sebagian besar, karpet ini merupakan bawaan dari produksi mobil.

Jenis karpet mobil ini memberikan nilai estetika yang tinggi karena tersedia dalam berbagai desain dan warna. Begitu juga dengan tampilannya yang menarik dan memiliki bobot yang berat serta tebal.

Untuk membersihkannya gunakan vacuum cleaner dengan suction yang kuat. Bagi anda yang menginginkan karpet yang memberikan kenyamanan kabin dengan kesan premium sebaiknya Anda membeli jenis ini.

Terlebih dengan bulu-bulu lembutnya membuatnya nyaman di kaki.

Bagi Anda yang masih bingung membersihkannya, maka Anda bisa menyedot debu dan tanah dengan vacuum cleaner. Namun untuk karpet dengan kotoran yang tebal dan banyak sebaiknya Anda mencucinya.

Dari segi pencucian memang sedikit ekstra. Namun dari segi kenyamanan dan tampilan, menjadikan kabin mobil lebih mewah.

Alas Kaki Kabin Bahan Karet

Selanjutnya yang juga banyak digunakan oleh semua kalangan dan mudah menemukannya adalah karpet karet. Bahan karet ini memiliki banyak keunggulan.

Selain harga, jenis karpet mobil ini yang terbilang mahal, jenis ini juga mudah dalam perawatan dan cara membersihkannya. Terutama yang bahannya adalah karet asli.

Utamanya sangat awet dalam jangka panjang. Karena Anda tidak perlu meragukan kualitasnya.

Apalagi teksturnya yang kenyal dan lentur membuatnya lebih elastis untuk diterapkan dalam kabin, sekaligus anti slip.

Hanya saja harganya cukup mahal. Namun hal ini sudah sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Jenis ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kabin mobil Anda.

Baca Juga: Membersihkan Karpet Mobil Demi Kenyamanan Saat Berkendara

Karpet 3D

Jenis karpet mobil premium yang bisa menjadi pilihan Anda adalah karpet 3D. Kelebihan yang menjadi favorit para pengguna adalah dari segi kemudahannya dalam menampung kotoran, debu, maupun air.

Permukaannya yang rata dan terbuat dari polimer membuatnya memiliki daya tahan yang baik dan air tidak terserap karpet tersebut. Meskipun karpet 3D ketumpahan air, namun cara membersihkannya cukup mengelapnya saja.

Namun Anda perlu sering mengelapnya agar tampak rapi dan bersih. Selain itu sisi kelebihannya adalah anti slip. Sehingga nyaman ketika di injak dan lebih teratur.

Namun Anda perlu menyesuaikannya secara berkala. Hal ini Anda lakukan untuk mencegahnya menghalangi penggunaan pada lantai.

Warna yang tersedia cukup bervariasi. Harga jenis karpet ini juga sangat mahal. Jenis karpet mobil tersebut bisa menjadi pilihan Anda. (R10/HR-Online)