Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruKarakteristik Bintang Quasar yang Menakjubkan dan Sejarahnya!

Karakteristik Bintang Quasar yang Menakjubkan dan Sejarahnya!

Karakteristik bintang Quasar yang merupakan salah satu objek paling bercahaya di alam semesta sangatlah menarik untuk diketahui.

Kita tentu tahu bahwa alam semesta ini sangat luas. Bahkan, belum ada satu orang pun yang pernah menjelajah seluruh alam semesta.

Namun, para astronom sudah berhasil menemukan berbagai macam objek yang ada di alam semesta ini, salah satunya bintang.

Setelah melakukan berbagai pengamatan, para ilmuwan mengatakan bahwa salah satu bintang paling bercahaya adalah Quasar.

Baca Juga: Rasi Bintang Betelgeuse Kembali Bersinar Terang, Ini Kata Para Ahli!

Inilah Karakteristik Bintang Quasar

Bintang merupakan sebuah objek langit yang dapat menghasilkan cahaya sendiri. Itu terjadi karena bintang memiliki banyak sekali bahan bakar energi di dalamnya.

Sedangkan Quasar merupakan benda langit yang mendapat dukungan dari lubang hitam supermasif. Quasar merupakan jenis bintang yang sangat terang.

Bahkan, bintang ini menyilaukan galaksi kuno yang mengisinya. Para ilmuwan percaya bahwa sinyal kuat dari bintang ini berasal dari inti galaksi.

Namun, fakta yang terlihat adalah quasar di galaksi bersama dengan lubang hitam supermasif.

Lingkungan magnet yang ada di sekitar lubang hitamlah yang menyebabkan semburan energi ini terbentuk dalam arah berlawanan sehingga mirip dengan energi pusar.

Meskipun cahaya tidak dapat lepas dari lubang hitam dan debu serta gas jatuh ke dalamnya, partikel lain tetap hampir ke kecepatan cahaya karena magnet tersebut.

Ada beberapa karakteristik dari bintang ini yaitu:

  • Quasar akan memakan energi yang merupakan hasil dari pertemuan hebat antara berbagai materi galaksi.
  • Bintang ini tumbuh di pusat galaksi baru yang kemudian menjadi benda angkasa sangat terang. Ia bahkan dapat terdeteksi miliaran tahun cahaya.
  • Cahaya yang bintang pancarkan akibat dari lubang hitam besar yang terletak di tengah Bima sakti.
  • Materi gas yang ada di sekitarnya bisa mencapai suhu sangat tinggi, selain itu ada banyak gesekan dan turbulensi di dalamnya.
  • Quasar memiliki tingkat radiasi yang tinggi.
  • Cahaya mereka jutaan kali lebih besar dari bintang lain.

Baca Juga: Fakta Bintang Arcturus yang Paling Terang di Rasi Bintang Bootes!

Sejarah Quasar

Untuk dapat mengetahui karakteristik bintang Quasar, tentu saja perlu melakukan penelitian terkait objek luar angkasa ini.

Penemuan Quasar berawal pada tahun 1930-an. Saat itu Karl Jansky yang merupakan salah satu pelopor astronom modern menemukan gangguan tatis pada saluran telepon Atlantik.

Pada tahun 1950-an, astronom yang sudah menggunakan teleskop radio memindai langit dan menggunakan temuan mereka untuk membandingkan dengan gambar.

Mereka menemukan beberapa sumber emisi lebih kecil yang tidak akan memiliki emisi yang terarah dalam kisaran cahaya yang tampak.

Dengan kata lain, para ilmuwan menemukan sumber pancaran radio dalam sinyal radio tetapi belum menemukan bintang yang tampak di citra langit.

Kemudian para astronom menyebut objek ini sebagai “sumber daya nirkabel pemandangan” atau “Quasar”.

Baca Juga: Mengenal Bintang Zubeneschamali, Pernah Dianggap Berwarna Hijau?

Setelah melalui penelitian selama bertahun-tahun, ilmuwan berhasil menemukan bahwa sebenarnya mereka adalah partikel yang dipercepat mendekati kecepatan cahaya.

Quasar merupakan sumber energi yang bertanggung jawab dalam memancarkan cahaya dalam jumlah besar. Hal itu dapat terjadi karena karakteristik bintang Quasar adalah lubang hitam supermasif di sekitarnya. (R10/HR-Online)