Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruKnalpot Motor Bocor, Ketahui Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasinya!

Knalpot Motor Bocor, Ketahui Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasinya!

Knalpot motor bocor seringkali terjadi, hanya saja ada sebagian besar orang yang justru malah membiarkannya saja dan tetap menggunakannya.

Padahal mengendarai sepeda motor dalam kondisi knalpot bocor dapat berdampak buruk terhadap motor itu sendiri.

Mengingat bahwa knalpot sendiri berfungsi sebagai saluran pembuangan sisa hasil pembakaran yang berasal dari mesin kendaraan. Maka dari itu, Anda sebagai pengguna motor harus segera memperbaikinya dan ketahui apa saja penyebabnya.

Baca Juga: Cara Merawat Knalpot Stainless Steel yang Tepat, Simak Tutorialnya!

Knalpot Motor Bocor yang Harus Segera Anda Tangani Agar Tak Parah

Masalah pada kendaraan roda dua tidak hanya bisa terjadi pada ruang mesin maupun kenyamanan berkendara yang tidak terjamin. Karena masih ada permasalahan lain yang sering muncul, salah satunya adalah seperti knalpot yang bocor.

Nah, permasalahan seperti ini sering terjadi saat komponen tersebut kurang perawatan, sehingga menyebabkan karat pada leher knalpot. Kondisi seperti ini semakin lama akan menyebabkan korosi dan membuat lubang pada leher knalpot.

Jika sudah mengalami knalpot bocor, maka ada beberapa tindakan yang harus Anda lakukan untuk mengecek bagaimana kondisinya.

Namun sebelum memperbaikinya, maka Anda sudah harus tahu apa sebenarnya penyebab bocornya knalpot itu.

Baca Juga: Penyebab Knalpot Berkarat yang Harus Anda Tahu dan Tips Mengatasinya

Penyebab dan Tanda Kebocoran

Salah satu penyebab terjadinya knalpot motor bocor adalah akan ada karat pada komponen itu. Sehingga kotoran seperti karat yang bercampur dengan air lalu menempel dalam waktu lama bisa menyebabkan korosi.

Selain terdapat karat pada knalpot, ternyata bocornya komponen tersebut juga karena adanya endapan air dalam exhaust pipe.

Endapan itu berasal dari air hujan yang masuk pada knalpot sehingga lama-kelamaan bisa membuatnya menjadi bocor. Lantas apa tandanya?

Nah, sementara itu tanda jika knalpot bocor adalah akan ada warna kebiruan pada komponen tersebut serta ada panas yang berlebih dari pipa knalpot.

Baca Juga: Jenis Las untuk Knalpot yang Bagus dan Penting Anda Pahami

Bagaimana Mengatasinya?

Jika Anda sudah mengetahui penyebab dan tandanya, kini saatnya untuk mengatasinya agar tak semakin parah.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi knalpot yang bocor seperti ini.

Salah satunya adalah dengan menggunakan lem besi yang bisa Anda beli di sejumlah toko-toko bangunan dekat rumah Anda.

Sementara itu, cara penggunaannya juga cukup mudah, sebab Anda hanya perlu mengoleskan lem itu ke bagian knalpot yang bocor hingga tiga lapis.

Tidak hanya itu saja, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan cara mengelas atau menambal bagian knalpot yang bocor. Namun pastikan bahwa las yang Anda gunakan adalah las khusus untuk knalpot ya!

Akan tetapi jika Anda tidak memilikinya, maka bisa membawanya saja ke tukang bengkel las motor profesional. Sehingga apabila knalpot motor bocor, ada baiknya Anda untuk segera memperbaikinya sesegera mungkin. (R10/HR-Online)

- Advertisment -