Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisKontes Ayam Pelung Meriahkan Hari Jadi Ciamis ke 380

Kontes Ayam Pelung Meriahkan Hari Jadi Ciamis ke 380

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Kabupaten Ciamis menggelar Kontes Ayam Pelung. Kegiatan ini digelar di Alun-alun Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (12/6/2022).

Kontes ini sebagai salah satu upaya HIPPAPI dalam rangka turut memeriahkan Hari Jadi Ciamis ke 380 tahun. Sebanyak 150 peternak turut ambil bagian dalam kontes ini.

Ketua Penyelenggara Kontes Ayam Pelung Aan mengatakan dari 150 peserta yang ikut lomba, hanya 50 ekor ayam yang lolos ke babak final.

“Peserta dari Kabupaten Ciamis dan luar daerah. Kami ambil 50 ekor ayam yang masuk final. Kontes ini juga sebagai jenjang untuk tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujar Aan.

Baca juga: Pokdarwis Kawali Kenalkan Destinasi Wisata di Hari Jadi Ciamis ke-380

Aan menjelaskan dalam kontes ini ada tiga kategori penilaian. Mulai dari suara, bobot berat badan hingga penampilan ayam.

Kontes ini tidak hanya sebagai ajang berkumpulnya para peternak pelung dari berbagai daerah. Namun juga sebagai salah satu cari himpunan untuk ikut memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Ciamis tahun 2022 ini yang ke 380.

“Kontes Ayam Pelung ini juga sebagai ajang seleksi untuk tingkat Jawa Barat. Sehingga acara kegiatan hadir juga Sekretaris HIPPAPI Jawa Barat dan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis,” kata Aan.

Sementara itu, Kabid Destinasi Pariwisata Kabupaten Ciamis Dian Kusdiana mengatakan kontes ayam Pelung ini menjadi event hiburan yang memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga bisa menjadi salah satu potensi wisata.

“Semoga saja ke depan menjadi kegiatan Kabupaten sehingga bisa mendongkrak Destinasi wisata Situ Lengkong Panjalu. Sekaligus menjadi sentra ayam pelung Ciamis,” ungkapnya.

Kontes ini pun bisa langkah nyata untuk menjaga nutfah ayam pelung yang berkualitas dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Mengetahui ayam pelung yang berkualitas dari segi suara, bobot badan maupun penampilannya,” jelasnya. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)