Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita PangandaranKunjungan Wisatawan ke Citumang Green Valley Pangandaran Meningkat

Kunjungan Wisatawan ke Citumang Green Valley Pangandaran Meningkat

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Wana wisata Body rafting Citumang Green Valley yang berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jabar, mulai banyak digemari wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pasca pandemi Covid-19, setiap Sabtu dan Minggu, kunjungan wisatawan meningkat 2 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

Petugas Perhutani Citumang Green Valley Eris Rusnandar membenarkan, tingkat kunjungan wisatawan pasca pandemi Covid-19 meningkat signifikan.

“Puncaknya setiap hari Sabtu dan Minggu, semua wisatawan antusias menikmati body rafting di air sungai yang jernih,” ujar Eris, Sabtu (4/6/2022).

Dalam pengelolaan wana wisata Citumang Green Valley, pihaknya menerapkan 3 konsep pengembangan kemitraan dengan masyarakat sekitar.

“Kita menerapkan konsep sosial, jadi kegiatan di Citumang Body rafting ini melibatkan sekitar 200 orang  warga sekitar yang ikut bekerja seperti guide, penyewaan life jacket, pedagang makanan, penyewaan angkutan, sewa loker, tukang parkir, dan lainnya,” ungkap Eris Rusnandar.

Baca juga: Event Pangandaran Pan Hash akan Diikuti 3.000 Peserta dari 24 Negara

Dengan pengelolaan seperti itu lanjutnya, otomatis masyarakat sekitar perekonomiannya meningkat.

Bahkan ada sebanyak 20 angkutan colt bak yang berkapasitas 17 orang dilibatkan, juga mobil angkot  diberdayakan terutama warga sekitar Citumang Green Valley.

“Untuk jam operasional sendiri, Citumang Green Valley buka mulai pukul 08.00 wib pagi dan tutup pukul 17.00 WIB,” katanya.

Lanjut Eris, konsep pengelolaan wisata  Citumang Green Valley yang kedua yakni dengan tetap menjaga ekosistem lingkungan.

“Kita tidak sembarangan asal tebang pohon di sekitaran Citumang Green Valley, demi menjaga alam agar air sungai tetap jernih dan asri,” jelasnya.

Konsep ketiga kata dia, yakni peningkatan jumlah target pengunjung ke Citumang Green Valley.

Dari semenjak pasca pandemi Covid-19, tingkat kedatangan wisatawan selalu meningkat apalagi setiap hari Sabtu dan Minggu.

Harga Tiket Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Adapun harga tiket masuk ke Citumang Green Valley yakni Rp 20 ribu weekday, sedangkan week and Rp 25 ribu.

“Sementara untuk harga paket body rafting berbeda-beda sesuai jasa pelayanannya, bersaing sistem pengorderannya,” ucap Eris.

Sementara itu, wisatawan asal Kabupaten Kuningan Erik mengaku sangat puas dan merasa ketagihan setelah melakukan aktivitas body rafting di aliran sungai Citumang.

“Suasana yang alami juga trek yang panjang bikin ketagihan, apalagi ada spot untuk terjun dari ketinggian sekitar 3 meter, itu yang bikin ketagihan selain tracknya yang panjang,” pungkas Erik. (Madlani/R8/HR Online/Editor Jujang)