Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Penderita Hipotiroid, Jangan Asal Pilih!

Makanan untuk Penderita Hipotiroid, Jangan Asal Pilih!

Makanan untuk penderita hipotiroid menunya tidak boleh sembarangan. Sebab, penderita penyakit ini sebisa mungkin harus bisa menghindari sejumlah makanan yang menjadi pantangannya.

Hipotiroid atau kelainan pada hormon tiroid merupakan suatu kondisi tubuh yang tidak bisa menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Masalah kesehatan ini bisa menjadikan tubuh penderitanya menjadi mudah lelah dan sulit konsentrasi.

Selain mengobatinya dengan obat-obatan dari dokter, pengidap hipotiroid juga wajib menjaga pola makanan dengan mengonsumsi makanan yang sehat sesuai anjuran dokter.

Baca Juga: Pantangan Makanan Penyakit Gondok yang Harus Dijauhi

Jenis Makanan untuk Penderita Hipotiroid

Tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh pengidap hipotiroid. Jika Anda menderita penyakit hipotiroid, sebaiknya hindari makanan yang menjadi pantangan dan konsumsi makanan yang sesuai.

Lantas, apa saja jenis makanan untuk penderita hipotiroid yang aman dan sehat? Berikut ulasannya:

1. Makanan yang Mengandung Yodium

Perlu Anda tahu, dalam sehari tubuh orang dewasa membutuhkan sekitar 150 mcg yodium. Tujuannya supaya kelenjar tiroid bisa berfungsi normal.

Maka dari itu, penderita hipotiroid penting sekali memperbanyak makanan yang terdapat kandungan yodium. Antara lain seperti garam beryodium, udang, ikan laut, telur, susu, dan keju.

Akan tetapi, mengonsumsi makanan beryodium ini juga tidak boleh berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak akan baik.

Kondisi hipotiroid bisa menjadi lebih buruk jika tubuh seseorang mendapatkan kandungan yodium yang berlebihan.

Sebaliknya, apabila tubuh kekurangan yodium, dampaknya yaitu bisa menjadikan kelenjar tiroid atau gondok menjadi lebih besar.

Maka dari itu, makanlah makanan beryodium sesuai kebutuhan. Hindari makan berlebihan atau terlalu sedikit.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Gondok, Gejala dan Cara Mengatasinya

2. Makanan yang Mengandung Zinc

Jenis makanan untuk penderita hipotiroid berikutnya yaitu jenis makanan yang memiliki kandungan zinc. Kandungan zinc ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk kesehatan kelenjar tiroid.

Pengidap hipotiroid bisa mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan zinc. Mulai dari daging sapi, daging kepiting, tiram, sereal fortifikasi, yogurt, daging ayam, legume, dan juga biji labu kuning.

3. Makanan yang Mengandung Magnesium

Magnesium merupakan zat mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, penderita hipotiroid membutuhkan jenis makanan yang mengandung zat magnesium.

Jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita hipotiroid yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung magnesium.

Peran magnesium pada tubuh sangatlah penting. Bahkan, tubuh yang kekurangan magnesium biasanya akan merasakan gejala seperti perubahan detak jantung, kelelahan, dan juga kram otot.

Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan zat magnesium. Antara lain seperti selada, sawi, bayam, dan sayuran hijau yang lainnya.

Baca Juga: Makanan Penyebab Hipertiroid, Hindari Sebagai Bentuk Pencegahan

4. Makanan Tinggi Selenium

Makanan yang mengandung zat selenium juga merupakan makanan yang sangat baik untuk orang yang mengalami gangguan hipotiroid. Jenis makanan kaya akan zat selenium yaitu tuna, sarden, dan telur.

Perlu Anda tahu, jika selenium merupakan mineral yang bisa membantu mengaktifkan hormon tiroid. Selenium juga bisa melindungi kelenjar tiroid dari dampak buruk akibat radikal bebas.

Pada saat penderita hipotiroid mau menghindari pantangan dan mengonsumsi makanan untuk penderita hipotiroid, maka penderita bisa menjadi semakin membaik kondisinya. (R10/HR-Online)