Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Kunyit Putih untuk Lambung, Antibakteri Hingga Antiinflamasi!

Manfaat Kunyit Putih untuk Lambung, Antibakteri Hingga Antiinflamasi!

Manfaat kunyit putih untuk lambung ternyata cukup beragam. Selain kunyit kuning, ternyata kunyit putih juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk lambung.

Kandungannya juga berbeda dengan kunyit kuning pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini berikut manfaat kunyit putih yang dapat Anda rasakan bagi kesehatan lambung.

Baca Juga: Obat Maag Alami Paling Efektif Mulai dari Daun Jambu Hingga Kunyit

Mengetahui Manfaat Kunyit untuk Lambung

Kunir putih atau dalam nama ilmiah Curcuma Zedoaria ini memiliki berbagai senyawa khas atau fitokimia yang hanya terdapat pada tanaman. Mulai dari fenolik, terpenoid, hingga alkaloid.

Senyawa ini mempunyai potensi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, khususnya lambung.

Selain itu, kunyit putih juga memiliki berbagai kandungan kimia yang meliputi tanin, pati, kurkumin, minyak atsiri, saponin, resin, gula, flavonoid, hingga protein toksik.

Semua kandungan kimia ini memiliki kemampuan mencegah pertumbuhan dari sel kanker. Maka tidak heran jika rempah-rempah satu ini banyak yang menggunakan sebagai bahan pembuatan obat herbal.

Berikut ini berbagai manfaat kunyit putih untuk lambung yang perlu Anda ketahui antara lain:

Baca Juga: Memutihkan Kulit dengan Kunyit Terbukti Ampuh, Aman, dan Menyehatkan

Atasi Peradangan dan Nyeri Lambung

Manfaat Curcuma Zedoaria untuk kesehatan lambung yang pertama adalah dapat mengatasi peradangan atau inflamasi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang termuat dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies mengungkapkan bahwa kandungan tanin, terpenoid, saponin, alkaloid, dan flavonoid yang terdapat pada kunir putih mampu mengurangi adanya pembentukan senyawa prostaglandin dan juga nitrit oksida (senyawa pemicu peradangan).

Selain itu, kandungan curcumenol yang terdapat pada kunyit putih memiliki potensi mengurangi rasa nyeri lambung akibat dari inflamasi. Ekstrak kunyit putih juga dapat menghalangi saraf supaya tidak mendeteksi rasa sakit.

Bersifat Antibakteri

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan lambung selanjutnya adalah memiliki sifat anti bakteri.

Pasalnya, minyak esensial pada tanaman rempah ini mempunyai kandungan senyawa terpenoid yakni monoterpene serta sesquiterpene.

Kedua kandungan zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri Streptococcus aureus dan Bacillus cereus yang merupakan penyebab dari keracunan makanan.

Baca Juga: Bahaya Kunyit untuk Kesehatan Tubuh jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Meredakan Tukak Lambung

Pada umumnya tukak lambung terjadi karena adanya lapisan dinding lambung yang mulai terkikis serta menimbulkan luka. Dengan mengkonsumsi kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengurangi luka lambung.

Kandungan polisakarida yang terdapat pada kunyit ini mampu mempercepat produksi kolagen. Dengan demikian jaringan lambung yang mengalami luka pun dapat segera diperbaiki.

Selain itu, ekstrak kunyit putih juga dapat mengurangi keasaman berlebih lambung.

Seperti yang kita tahu jika cairan lambung yang memiliki keasaman cukup tinggi dapat berpotensi menyebabkan terjadinya tukak lambung.

Meskipun manfaat kunyit putih untuk lambung cukup beragam, akan tetapi ada baiknya untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter. Hal ini karena kunyit merupakan zat pengencer yang alami.

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan konsumsi kunyit apabila sebelumnya telah minum obat pengencer atau pernah operasi. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan efek samping mengonsumsi kunyit putih dalam jumlah yang berlebihan. (R10/HR-Online)