Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Nanas Madu untuk Kesehatan, Miliki Kandungan Nutrisi Beragam!

Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan, Miliki Kandungan Nutrisi Beragam!

Manfaat nanas madu untuk kesehatan mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Ternyata buah nanas madu mempunyai kandungan nutrisi yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Mulai dari vitamin C, vitamin A, magnesium, kalsium, zat besi hingga sukrosa yang merupakan kandungan gula alami pada buah. Dengan beragam kandungan nutrisi ini, maka tidak heran jika buah satu ini sangat disarankan untuk Anda konsumsi, dengan cara yang tepat tentunya.

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Waspada Efek Sampingnya

Beragam Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan Tubuh

Nanas madu atau dengan nama ilmiah Ananas Comosus terkenal dengan rasanya yang manis dan asam. Mungkin untuk beberapa kalangan tidak menyukai buah satu ini.  Namun tahukah Anda bahwa nanas madu ternyata menyimpan beragam khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk smoothies, rujak, jus, hingga bumbu asam manis pada masakan. Berikut ini sejumlah manfaat nanas madu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui antara lain:

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Dengan kandungan vitamin, mineral, enzim seperti bromelain yang terdapat di dalam buah nanas madu dapat memberikan beragam khasiat, salah satunya untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Buah satu ini rupanya juga dapat membantu menekan peradangan. Dalam sebuah penelitian yang termuat dalam Journal of Nutrition and Metabolism (2014) menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah nanas madu dapat mengurangi risiko mengalami infeksi virus serta bakteri.

Baca Juga: Dibalik Khasiatnya, Waspadai Efek Samping Buah Nanas

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C pada nanas bisa melawan pembentukan sel radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, kandungan betakaroten yang cukup tinggi pada nanas madu mampu menghambat perkembangan kanker usus. Selanjutnya nanas madu juga mengandung bromelain yang bisa menghambat perkembangan sel kanker payudara serta kulit.

Mencegah Asma

Manfaat lain dari nanas madu untuk kesehatan tubuh lainnya adalah dapat mencegah terjadinya penyakit asma. Hal ini karena di dalam nanas madu terdapat kandungan betakaroten yang dapat mencegah sakit asma. Tidak hanya kandungan betakaroten, ternyata kandungan bromelain pada buah ini juga dapat membantu mengurangi gejala asma.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Jus Nanas, Rahasia Aroma Miss V Kim Kardashian Tetap Wangi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengkonsumsi nanas madu juga cukup baik untuk Anda lakukan. Pasalnya, kandungan kalium yang terdapat di dalam nanas madu memiliki fungsi sebagai penurun tekanan darah.

Kandungan enzim bromelain pada nanas madu juga memiliki peran untuk menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi nanas madu, maka risiko penyakit lain akibat darah tinggi pun dapat Anda cegah.

Manfaat nanas madu untuk kesehatan lainnya adalah mencegah gangguan pencernaan, memperkuat tulang hingga menjaga kesehatan jantung. Meski memiliki beragam manfaat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsi buah ini untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Dengan demikian, Anda dapat mengkonsumsi nanas madu dengan lebih aman. (R10/HR-Online)