Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMasa Pakai Kampas Kopling Motor Dilihat dari Ciri-Ciri Keausannya

Masa Pakai Kampas Kopling Motor Dilihat dari Ciri-Ciri Keausannya

Masa pakai kampas kopling motor ternyata tidak hanya dari lama tidaknya pemakaian. Namun hal ini juga dilihat dari pemakaian kendaraan.

Motor adalah alat transportasi yang cukup populer dan banyak digunakan terutama masyarakat Indonesia. Sepeda motor dapat membantu penggunanya lebih cepat dalam menuju suatu tempat.

Kendaraan ini juga dapat bekerja dengan adanya berbagai komponen lengkap. Perawatan juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga performanya.

Memang semua kendaraan bisa saja mengalami berbagai masalah. Akan tetapi, jika Anda dapat menjaganya secara tepat, sudah pasti akan awet dan performanya tetap tangguh.

Salah satu komponen vital sepeda motor yaitu kampas kopling. Tanpa adanya komponen tersebut sistem pengereman tidak dapat bekerja.

Seiring penggunaannya komponen tersebut juga membutuhkan penggantian. Sebab lama-kelamaan kampas kopling akan aus.

Anda pun perlu tahu masa pakai kampas kopling motor yang tepat.

Hal ini mengingat kampas kopling memiliki peran yang cukup vital. Terutama bagi sepeda motor yang memiliki perpindahan gigi manual.

Baca Juga: Cara Merawat Kopling Motor dengan Baik dan Benar

Cari Tahu Masa Pakai Kampas Kopling Motor

Kampas kopling yang aus bisa karena berbagai faktor penyebab. Mengingat komponen tersebut cukup vital, sebaiknya lakukan pengecekan secara rutin.

Jika sampai kampas kopling aus mengakibatkan berbagai masalah yang terjadi. Perpindahan gigi tidak halus, kurangnya tenaga kendaraan, bahkan kondisi sering selip.

Lantas kapan kampas kopling harus diganti? Sebagai pemilik sepeda motor Anda wajib tahu. Sehingga dapat menjaga performa sepeda motor tetap dalam kondisi prima.

Secara fisik, kampas kopling memang tidak bisa terlihat. Anda baru akan dapat melihatnya saat membuka blok kopling.

Masa pakai kampas kopling bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Namun ada banyak yang bisa membuat kampas kopling aus.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri jika kampas kopling motor aus dan perlu Anda ganti.

Kick Starter Terasa Ringan

Setiap komponen sepeda motor memiliki masa pakai dan penggantian yang tidak sama. Untuk kampas kopling sendiri memiliki masa pakai yang berbeda.

Semua tergantung dengan penggunaan sepeda motor. Masa pakai kampas kopling motor tidak bisa diprediksi dengan jarak. Anda bisa melihatnya dari ciri-ciri yang ditimbulkan.

Seperti halnya kick starter terasa ringan atau los. Jika sudah terasa seperti ini pastinya komponen tersebut sudah menunjukkan tanda-tanda habis.

Baca Juga: Fungsi Kampas Kopling Lengkap dengan Jenis dan Tips Memilihnya

Motor Mengalami Selip Kopling

Saat sepeda motor menunjukkan selip kopling, ternyata juga menandakan jika kampas kopling sudah mulai aus. Meski demikian, tidak sedikit juga selip kopling akibat masalah ini.

Sebaiknya Anda perlu mengetahui setiap kondisi komponen motor agar dapat bekerja sesuai fungsinya.

Akselerasi Melemah

Masa pakai kampas kopling motor bisa Anda lihat dari tanda akselerasi mesin yang melemah. Jika terjadi hal seperti ini, sudah pasti kampas kopling perlu Anda ganti.

Performa yang turun adalah akselerasi motor yang menjadi penandanya. Bagian yang terpengaruh yaitu pada top speednya.

Misalnya saja sepeda motor berkecepatan maksimal 120 km/jam, jika kampas kopling perlu ganti akan mencapai itu membutuhkan waktu 15 detik.

Namun jika kampas kopling dalam kondisi baik, biasanya hanya membutuhkan waktu 10 detik saja.

Putaran Mesin Semakin Tinggi

Putaran mesin yang semakin tinggi juga menjadi tanda-tanda kampas kopling mulai aus. Hal ini terjadi akibat akselerasi melemah dan kampas mulai licin.

Jika sepeda motor mencapai kecepatan 40 km/jam membutuhkan putaran mesin 5.000 rpm saat kampas kopling belum aus.

Namun jika kondisinya sudah aus membutuhkan putaran mesin hingga 8.500 rpm.

Sebagai pemilik sepeda motor sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin. Begitu juga mengetahui masa pakai kampas kopling motor dari melihat ciri-cirinya.

Baca Juga: Kampas Kopling Satria FU Pengaruhi Performa Motor

Gigi Persneling Ngelos

Kampas kopling yang sudah mulai berkurang atau aus biasanya menunjukkan berbagai masalah. Termasuk persneling ngelos.

Sehingga ketika memasukkan gigi persnelingnya akan mengeluarkan suara raungan. Sehingga tidak mampu mengeluarkan tenaga seperti biasanya.

Memiliki sepeda motor memang dapat membantu Anda lebih mudah saat menuju suatu tempat. Misalnya bekerja, sekolah, atau kegiatan lainnya.

Agar performa tetap terjaga, sudah pasti semua komponen harus terawat.

Tidak hanya dari segi service secara rutin saja, namun Anda pun perlu tahu masa pakai kampas kopling motor. Hal ini mengingat kampas kopling memiliki peran yang cukup penting. (R10/HR-Online)

- Advertisment -