Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita BanjarMiliki Inovasi Penerapan E-Government, Desa Raharja Banjar Masuk 3 Besar Lomba Desa...

Miliki Inovasi Penerapan E-Government, Desa Raharja Banjar Masuk 3 Besar Lomba Desa Provinsi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Masuk sebagai 3 besar dalam lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, sodorkan inovasi penerapan E-Government dalam penilaian lapangan.

Kepala Desa Raharja, Yayat Ruhiyat mengatakan, penerapan inovasi tersebut diantaranya dalam penyebarluasan informasi seputar Desa Raharja kepada masyarakat yang dinamakan RASAIN (Raharja Sadar Informasi).

Kemudian, untuk terciptanya pelayanan yang cepat, mudah dan hemat biaya transportasi pihaknya berinovasi membuat program SIPRAJA (Sistem Pelayanan Raharja).

“Ada juga inovasi untuk memudahkan promosi secara online bagi para pelaku UMKM yang ada di Desa Raharja, kami mempunyai SILADES (Sistem Lapak Desa),” kata Yayat Ruhiyat, Selasa (21/6/2022).

Baca juga: Pasca Kelulusan SMA/SMK, Pengangguran Terbuka di Kota Banjar 5.747 Orang

Ia menjelaskan, inovasi tersebut diciptakan semata-mata untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan informasi.

“Selain untuk penilaian lomba desa penerapan inovasi ini juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Potensi Desa DPMD Provinsi Jawa Barat, Bayu Rahmana menyampaikan, ada beberapa kriteria yang menjadi nilai dalam klarifikasi lapangan tersebut.

“Kriterianya banyak sebenarnya ada tiga penilaian yang kita laksanakan, diantaranya kewilayahan, kemasyarakatan, dan pemerintahan. Semua dilaksanakan berdasarkan Permendagri 81,” ujar Bayu Rahmana kepada wartawan.

Menurut Bayu, desa yang masuk sebagai tiga besar sebelumnya telah melewati verifikasi administrasi dan wawancara.

“Saat ini ada tiga desa yang lolos sebagai tiga besar yang pertama Desa Raharja, yang hari ini kita laksanakan penilaian dan klarifikasi lapangan, kedua Desa Gunung Putri Kabupaten Bogor, dan Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Nanti kita akan ke nasional setelah ada juaranya,” tandasnya. (Sandi/R8/HR Online/Editor Jujang)