Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruMisi Asteroid Psyche NASA Gagal Meluncur Tahun Ini, Apa yang Terjadi?

Misi Asteroid Psyche NASA Gagal Meluncur Tahun Ini, Apa yang Terjadi?

Misi Asteroid Psyche NASA tampaknya terpaksa harus batal akibat tidak memiliki waktu yang cukup dalam persiapan.

Pada hari Jumat lalu, NASA terpaksa harus menangguhkan salah satu misi penting mereka. Misi tersebut adalah penjelajahan asteroid bernama Psyche.

Misi asteroid yang sudah direncanakan sejak beberapa waktu lalu ini harus gagal akibat beberapa alasan.

Baca Juga: Asteroid 2022 FB2 Seukuran Rumah Melintas di Dekat Bumi

Alami Masalah, Misi Asteroid Psyche NASA Ditunda?

NASA merupakan sebuah badan antariksa yang cukup berpengaruh di dunia. Pada tahun 2022 ini sebenarnya mereka telah memiliki rencana untuk meluncurkan beberapa misi.

Salah satu dari misi tersebut adalah investigasi asteroid oleh pesawat luar angkasa yang bernama Psyche. NASA sebenarnya sudah merencanakan misi asteroid ini sejak tahun 2017.

Agensi astronomi asal Amerika Serikat tersebut memilih pesawat luar angkasa Psyche sebagai salah satu armada dalam Discovery Program milik mereka.

Bukan tanpa alasan asteroid Psyche mereka pilih. Hal itu karena NASA menganggap biaya yang misi ini butuhkan cukup rendah.

Baca Juga: Asteroid 2022 ES3 yang Mendekati Bumi Disiarkan Secara Langsung!

Batalnya Misi di Tahun 2022

Pada rencana awal, NASA akan meluncurkan armada Psyche untuk misi ini pada tahun 2022.

Namun, nyatanya pada Jumat lalu NASA tiba-tiba menangguhkan misi ini dan menyalahkan keterlambatan pengiriman perangkat lunak navigasi mereka.

NASA akan meluncurkan sebuah pesawat luar angkasa Psyche menuju ke sabuk asteroid yang ada di antara Jupiter dan Mars dan mencari data kemudian mengirimkannya ke tim astronom yang ada di bumi.

Pesawat luar angkasa disebut juga bertenaga solar dan dapat mulai beroperasi 70 hari setelah peluncurannya dari Bumi.

Untuk memperlancar, maka NASA Jet Propulsion Laboratory di California mulai melakukan tes pada sistem pesawat luar angkasa tersebut.

Pada pengecekan tersebut tim menemukan masalah. Menurut NASA, masalah tersebut sudah dapat mereka selesaikan tetapi waktunya sudah tidak memadai.

Mereka tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pengecekan ulang secara keseluruhan terhadap software pesawat luar angkasa dalam Misi Asteroid Psyche NASA tersebut, agar bisa meluncur di tahun ini.

Baca Juga: Misi Armageddon Cina, Luncurkan Roket Pembelok Asteroid

Masih Ada Peluang Lain

Jika tidak mengalami penundaan, rencana awalnya misi ini akan mulai berjalan pada 1 Agustus atau paling lambat pada September awal.

Namun, masalah pada software yang mereka temukan membuat misi harus batal. Pada dasarnya memutuskan untuk membatalkan misi tidaklah mudah.

Sebab, bagaimanapun sudah ada ratusan orang yang menaruh usaha besar demi kelancaran misi ini. Namun, untuk saat ini menunda adalah keputusan yang tepat.

Meski begitu, perwakilan NASA menyebut bahwa misi tidak benar-benar batal. Mereka menegaskan bahwa masih ada kesempatan peluncuran misi ini pada tahun depan.

Menurut Elkins Tanton, agar misi ini berjalan lancar maka pesawat luar angkasa Psyche harus mendapatkan sinar Matahari yang cukup.

Nantinya pesawat luar angkasa Misi Asteroid Psyche NASA ini akan terbang menuju sabuk asteroid yang ada di antara planet Mars dan Jupiter untuk penelitian. (R10/HR-Online)