Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruMisteri Balance Rock di Mars Hebohkan Warganet, Campur Tangan Alien?

Misteri Balance Rock di Mars Hebohkan Warganet, Campur Tangan Alien?

Misteri balance rock di Mars merupakan peristiwa janggal yang kembali tertangkap kamera Rover Perseverance.

Hal unik ini memang sekilas tidak berarti apa-apa. Sebab, dalam foto tersebut terlihat hanya ada beberapa batu di permukaan Mars.

Namun hal menghebohkan adalah batu tersebut berada di posisi tertentu. Posisi tersebut bernama balance rock merupakan salah satu teknik menyusun batu.

Baca Juga: Samudra Purba di Mars Ditemukan oleh Robot Penjelajah Tiongkok

Rover Perseverance Beberkan Foto Misteri Balance Rock di Mars

Wahana luar angkasa Rover Perseverance kembali menemukan hal yang tidak biasa dan janggal di permukaan Mars.

Planet Merah tersebut belakangan ini memang tengah mengambil perhatian. Banyak ilmuwan yang semakin tertarik untuk menjelajahi permukaan Mars.

Penemuan terbaru dari Rover Perseverance kali ini adalah sekumpulan batuan. Akan tetapi, batuan tersebut tidak seperti biasanya.

Balance rock sendiri merupakan salah satu dari seni teknik untuk menyusun batu dengan posisi tertentu, tanpa bantuan alat perekam maupun batuan lainnya.

Dengan teknik menyusun ini, maka batu tersebut akan dengan mudah memperoleh keseimbangan dan dapat berdiri tegak.

Penemuan balance rock pada Planet mars tersebut terletak di area Kawah Jazero. Kawah ini terbentang hingga 1.200 kilometer.

Jika melihat dari gambar yang Rover Perseverance ambil, batu ini terlihat kecil. Tetapi, sebenarnya batu ini berukuran cukup besar seperti kebanyakan batu di Mars lainnya.

Ukuran batu diperkirakan sama dengan bola bowling. Kemudian batu juga tampak berdiri pada posisi seimbang di atas sebuah batu yang lebih besar dan miring.

Penemuan ini beredar hanya satu hari setelah NASA mempertanyakan mengenai “angin” yang berhasil meniup sepotong insulasi roket sejauh 3 kilometer dari titik masuk Rover Perseverance di Mars.

Kemudian foto formasi batu tidak baisa ini dibagikan pada 16 Juni di platform Facebook. NASA kemudian memberikan formasi balance rock tersebut sebagai “Hogwallow Flats”.

Baca Juga: Blackthorn Salt di Mars Memiliki Fitur Mirip Bunga, Ini Kata Para Ahli!

Warganet Pertanyakan Keberadaan Alien

Penemuan misteri balance rock di Mars ini sontak membuat warganet mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menyangkut pautkan ini dengan keberadaan alien.

NASA sendiri meyakini bahwa batuan di daerah tersebut telah berusia setidaknya 3,6 miliar tahun. Mereka juga banyak merekam foto close-up untuk bahan penelitian.

Hanya saja, NASA tidak menjawab perdebatan para warganet. Mereka tidak menjelaskan secara khusus mengenai balance rock yang misterius di Mars.

Mungkin saja pihak NASA mengetahui bahwa ini akan menjadi pernyataan dan perdebatan di media sosial. Sebab, postingan NASA mengenai balance rock telah mendapat lebih dari 14.000 reaksi online dan hampir 300 komentar.

Baca Juga: Tanah Liat di Mars, Mengarah ke Masa Lalu yang Berair

Beberapa ada yang berspekulasi bahwa balancer rock tersebut hanyalah contoh dari batuan lemah dan lapuk selama berabad-abad.

Situs berita luar angkasa dan astronomi Universe Today juga ikut mempertanyaan bagaimana batu tersebut dapat seimbang dengan sempurna. Menurut mereka, mengetahui sejarah misteri balance rock di Mars tentunya akan sangat menarik. (R10/HR-Online)

- Advertisment -