Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruMixed Use Building, Definisi, Ciri-Ciri, Keunggulan dan Manfaatnya

Mixed Use Building, Definisi, Ciri-Ciri, Keunggulan dan Manfaatnya

Mixed use building menjadi salah satu istilah yang cukup populer di dunia properti. Untuk itu, ada baiknya jika Anda tahu definisinya. Saat ini investasi properti memang semakin populer.

Bahkan properti tidak dapat terlepas dari yang namanya penataan ruang. Konsep yang tepat juga akan mempengaruhi laku tidaknya properti tersebut.

Bahkan ada beberapa kota besar di Indonesia yang memiliki penataan khusus. Misalnya saja Jakarta dan Surabaya. Penerapan konsep mixed use building menjadi pilihan kedua kota besar tersebut.

Penataan pembangunan yang satu ini memang mampu mengatasi kemacetan dan tersedianya keterbatasan lahan. Hanya saja untuk semua daerah tidak bisa menggunakan konsep tersebut.

Sebaiknya lakukan riset terlebih dulu untuk tahu cocok atau tidaknya jika area tersebut dibangun menggunakan konsep tersebut. Agar Anda tidak salah dalam menentukan konsep pembangunan.

Baca Juga: Surat Izin Usaha Properti yang Harus Dilengkapi Untuk Usaha

Definisi Mixed Use Building Dalam Dunia Properti

Konsep bangunan multifungsi yang saling terpadu menjadi pilihan yang tepat dalam dunia properti. Biasanya diterapkan pada bangunan pencakar langit di area perkotaan.

Bahkan menghubungkan antar fasilitas, komersial, dan rekreasi pada satu bangunan. Sehingga konsep ini menjadi solusi yang tepat untuk bangunan yang dirancang menyatukan berbagai fungsi pada lahan terbatas.

Istilah pada bangunan ini biasanya multifungsi yang terdiri dari hotel, pusat perbelanjaan, apartemen, dan perkantoran. Sebagai bangunan multifungsi konsep bangunan tersebut bisa membantu kegiatan dasar masyarakat.

Misalnya bekerja, belanja dan aktivitas lainnya. Bahkan konsep mixed use building ini membutuhkan sirkulasi, udara dan tingkat privasi yang berbeda. Bahkan setiap fungsinya bisa berjalan baik dan tidak ada gangguan.

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Izin Mendirikan Bangunan? Yuk Cari Tahu!

Ciri-Ciri Bangunan Multifungsi

Bangunan multifungsi atau biasa dikenal dengan istilah mixed use building hampir sama dengan superblok. Meski terlihat sama namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak.

Salah satunya tampak dari jumlah bangunan dan kawasannya. Kawasan mixed use akan jauh lebih kecil dan menggunakan bangunan yang sama.

Hal ini dilakukan untuk mengakses semua kebutuhan. Pada umumnya konsep mixed use merupakan bangunan megah yang berada di kota-kota besar.

Tempat tinggal dengan konsep yang satu ini memang biasa berpadu dengan transit-oriented development. Fungsinya membantu mempermudah jarak antara tempat tinggal dengan area lainnya.

Misalnya pusat perbelanjaan atau kantor. Pendekatan ini mendorong penghuni mixed use lebih nyaman menggunakan jalur pedestrian atau jalan kaki.

Keunggulannya

Selain sebagai bangunan multifungsi mixed use building juga hadir dengan banyak keunggulan. Adapun keunggulan bangunan konsep mixed use dibanding dengan lainnya.

Hidup Lebih Sehat

Salah satu keunggulan dari bangunan konsep mixed use yaitu lebih sehat. Dekatnya jarak tempat tinggal ke pusat perbelanjaan membuat penghuninya lebih terbiasa menerapkan gaya hidup sehat.

Sebab, karena akses yang terlalu dekat memilih mereka berjalan kaki. Hanya dengan jarak yang dekat mereka akan mudah sekali mendapatkan makanan segar yang sehat.

Ramah Pejalan Kaki

Lingkungan yang sehat dengan akses tidak terlalu jauh membuat penghuni area mixed use banyak yang melakukan aktivitas dengan jalan kaki. Sebab, semua fasilitas yang tersedia bisa diakses tanpa adanya kendaraan.

Lebih Efisien

Jika Anda menjadi salah satu penghuni mixed use otomatis hidup lebih efisien. Baik dari segi tenaga, waktu dan biaya transportasi menempati tempat tinggal mixed us akan jauh lebih efisien. Apalagi semua fasilitas bisa diakses dalam satu bangunan saja.

Baca Juga: Bangun Rumah 3 Kamar Tidur, Ini Tips Menghemat Biaya Pembangunan

Manfaat Adanya Mixed Use

Adanya konsep bangunan mixed use building memiliki dampak positif. Berikut ini manfaat dari tempat tinggal konsep mixed use yaitu:

  • Mendorong pemisah yang jelas antara sistem transportasi
  • Ikut mendorong tumbuhnya kegiatan yang beragam secara terpadu dalam wadah yang memadai
  • Memperbaiki sistem sirkulasi
  • Memberikan kerangka yang lebih luas dalam rancangan bangunan serta lingkungan
  • Mampu memberikan sistem sarana dan prasarana yang lebih efisien dan ekonomis.

Seperti yang sudah banyak masyarakat tahu, jika konsep bangunan cukup beragam. Namun untuk konsep multifungsi cocok bagi daerah yang memiliki lahan sempit.

Bahkan selain multifungsi konsep bangunan mixed use building juga hadir dengan berbagai keunggulan dan manfaat. Karena alasan inilah mengapa konsep mixed use cukup populer di kota-kota besar. (R10/HR-Online)