Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPasar Pancasila Jabar Juara di Tasikmalaya Sangat Dirasakan Masyarakat

Pasar Pancasila Jabar Juara di Tasikmalaya Sangat Dirasakan Masyarakat

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Pasar Pancasila Jabar Juara yang ada di Kota Tasikmalaya, sangat dirasakan sekali pembangunanya oleh pedagang dan pembeli.

Sebagai informasi, bahwa pasar Pancasila memiliki wajah baru pasca revitalisasi yang diresmikan oleh Wakil Menteri Perdagangan dan Wakil Gubernur Jabar, pada 21 Januari 2021.

Plt Kepala DKUMKMPP Kota Tasikmalaya, Tedi Setiadi mengatakan, sebelumnya kios yang ada berjumlah 249. Kemudian pasca revitalisasi, kios bertambah menjadi 270. Sementara untuk los yang semula 60, pasca revitalisasi menjadi 64.

“Jadi kios dan los itu tahun sebelumnya jumlahnya ada 309. Dan setelah direvitalisasi total ada 334,” ucapnya saat ditemui HR Online di kantornya, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, sebelum ada revitalisasi, pasar Pancasila Jabar Juara terkesan kumuh, becek, bau dan tidak tertata dengan rapi.

“Ternyata setelah itu, alhamdulillah kondisi pasar berubah, tidak becek dan kumuh. Malah sekarang menjadi bersih,” ucapnya.

Kendala Bagi Pedagang Pasar Pancasila Jabar Juara Kota Tasikmalaya

Akan tetapi, meskipun pasar Pancasila sudah dilakukan revitalisasi, bukan berarti 100 persen nyaman untuk para pedagang.

Sebab menurutnya, ada beberapa kendala-kendala. Seperti, untuk lantai dua ternyata sampai saat ini belum ramai pengunjung.

Baca Juga : Pasca Revitalisasi, Pasar Pancasila Tasikmalaya Makin Nyaman dan Bersih

Oleh karena itu, pihaknya berpikir bagaimana caranya mencari solusi agar lantai 2 itu juga ramai pengunjung atau pembeli.

“Kemungkinan yang menjadi faktor penyebabnya, dari kebiasaan para pengunjung atau konsumen saat berbelanja ingin nyaman. Sehingga, buat apa naik ke lantai 2 kalau di lantai 1 masih ada. Padahal di lantai 2 juga sebenarnya nyaman,” terangnya.

Menurut Tedy, enggannya pengunjung ke lantai 2 bisa jadi karena faktor tangga untuk naik dari lantai 1 ke 2 yang terlalu tinggi.

“Mungkin nanti kedepannya harus ada eskalator. Jadi kalau memakai eskalator seperti yang ada di mal, maka tidak akan cape untuk pergi ke lantai 2,” jelasnya.

Fasilitas

Lebih lanjut Tedy menambahkan, selain kini menjadi lebih bersih, pasar Pancasila Jabar Juara juga memiliki layanan atau fasilitas yang lebih baik ketimbang sebelumnya.

“Seperti ruang ATM. Kemudian, ada juga ruang laktasi atau ruang bagi ibu-ibu yang kebetulan pada saat datang ke sana itu bawa anak dan perlu menyusui,” katanya.

Selain itu, WC atau toilet yang representatif. Bahkan, kata Tedy, tersedia WC duduk. ”Kemudian juga tempatnya kini lebih tertata,” pungkasnya.

Sangat Dirasakan Masyarakat

Sementara itu, salah seorang pengunjung pasar Pancasila Jabar Juara setelah revitalisasi menjadi lebih nyaman ketika berbelanja.

“Benar sekarang ini kini makin nyaman. Sudah tidak becek seperti dulu. Kini jadi aman, bersih dan tentunya luas,” ucap Aneu, Selasa (28/6/2022).

Hal senada dikatakan Dadan, pengunjung Pasar Pancasila lainnya. Menurutnya, kondisi pasar saat ini memang jauh lebih baik, ketimbang sebelum ada renovasi.

Siti, pedagang yang menempati kios ikan tongkol Blok D sejak tahun 2010, juga mengakui kalau saat ini kondisi pasar lebih baik dari sebelumnya.

“Selain itu, kini pembeli juga merasa nyaman ketika berbelanja,” ungkapnya kepada HR Online

Entin Kartini pedagang lainnya, juga mengaku bahwa bangunan pasar Pancasila Jabar Juara kini megah. Selain itu, lapaknya saat ini makin bersih, dan resik.

“Bahkan, kini sudah tidak pernah banjir, tidak seperti sebelumnya,” katanya. (Apip/R5/HR-Online/Editor-Adi)