Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPasca Revitalisasi, Pasar Pancasila Tasikmalaya Makin Nyaman dan Bersih

Pasca Revitalisasi, Pasar Pancasila Tasikmalaya Makin Nyaman dan Bersih

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Pasca revitalisasi, bukan hanya wajah yang berubah, namun pasar tradisional Pancasila Kota Tasikmalaya, Jawa Barat makin nyaman dan bersih.

Sebelumnya, pasar yang punya nama lain Resik II atau Pancasila Jabar Juara ini terkesan kumuh. Sehingga jauh dari kata bersih bahkan nyaman.

Baca Juga : Cabai Rawit Makin Pedas, di Pasar Manis Ciamis Capai Rp 120 Ribu

Namun setelah pemerintah melakukan revitalisasi dan diresmikan Wakil Gubernur Jabar pada awal tahun 2022 ini, kini wajahnya mengalami transformasi jauh dari kesan kumuh.

Hal tersebut diakui oleh salah seorang pengunjung pasar Pancasila, Aneu warga Cimerak, Kota Tasikmalaya.

Ia mengaku, bahwa setelah revitalisasi pasar tersebut menjadi lebih nyaman ketika berbelanja.

“Benar sekarang ini makin nyaman. Sudah tidak becek seperti dulu. Kini jadi aman, bersih dan tentunya luas,” ucap Aneu, Selasa (28/6/2022).

Hal senada dikatakan Dadan, pengunjung Pasar Pancasila lainnya. Menurutnya, kondisi pasar saat ini memang jauh lebih baik, ketimbang sebelum ada renovasi.

Dadan mengatakan, bahwa bukan hanya dalam pasar saja yang bersih juga nyaman. Akan tetapi, ketika masuk ke dalam pasar juga lebih mudah.

“Jika dulu memang susah masuk ke dalam. Karena andong dan angkot semuanya ada di sini,” katanya.

Sehingga, sambungnya, para pembeli yang akan masuk ke dalam Pasar Pancasila akan kesulitan.

“Namun setelah pedagang kaki lima pisah, maka kini jauh lebih nyaman,” ujarnya.

Dadan pun berharap, agar pemerintah juga melakukan revitalisasi ke semua pasar tradisional lainnya yang terkesan kumuh.

Tanggapan Pedagang Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya

Bukan hanya pembeli yang memberikan tanggapan positif pasca revitalisasi tersebut. Namun juga para pedagang berpikiran sama.

Seperti diungkapkan Siti, yang menempati kios ikan tongkol Blok D sejak tahun 2010. Menurutnya, saat ini kondisi pasar lebih baik dari sebelumnya.

“Selain itu, kini pembeli juga merasa nyaman ketika berbelanja,” ungkapnya kepada HR Online, Selasa (28/6/2022).

Meski sudah nyaman, namun ia berharap kepada pemerintah daerah, agar membatasi jumlah pedagang baru serta pedagang kaki lima.

“Sebab, sangat berpengaruh terhadap omzet,” ucapnya.

Entin Kartini pedagang lainnya, juga mengaku bahwa bangunan Pasar Pancasila kini megah. Selain itu, lapaknya saat ini makin bersih, dan resik.

“Bahkan, kini sudah tidak pernah banjir, tidak seperti sebelumnya,” katanya.

Baca Juga : Resmikan Pasar Pancasila Tasikmalaya, Ini Pesan Wagub Jabar

Sementara itu, Plt Kepala Dinas KUKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kota Tasikmalaya, Tedy Setiadi mengatakan, bahwa pasca revitalisasi jumlah kios Pasar Pancasila bertambah.

“Jumlah kios dan juga los bertambah, dari sebelumnya 304 kini menjadi 334,” katanya, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut Tedy menambahkan, bukan hanya kios dan los yang bertambah, tapi juga kondisi pasar saat ini menjadi lebih tertata, tidak bau dan becek.

“Selain itu, fasilitas juga makin lengkap. Seperti ada ruang laktasi untuk ibu yang menyusui. Ruang ATM juga ada, bahkan toilet kini representatif,” jelasnya.

Namun demikian, lanjutnya, sekarang ini tinggal bagaimana pedagang Pasar Pancasila bisa meningkatkan omzetnya. Terutama untuk pedagang yang menempati lantai dua.

Sebab, pedagang lantai 2 belum ramai pengunjung yang datang berbelanja. Menurutnya mungkin bisa dengan menambah eskalator, yang dapat memudahkan pembeli untuk naik ke lantai 2.

“Walaupun demikian, pedagang dan juga pembeli secara umum merasa jauh lebih nyaman, dengan kondisi Pasar Pancasila sekarang ini,” pungkas Tedy. (Apip/R5/HR-Online/Editor-Adi)