Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPemuda Tasikmalaya Dilatih Tanggap Darurat Kebencanaan

Pemuda Tasikmalaya Dilatih Tanggap Darurat Kebencanaan

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Puluhan pemuda Tasikmalaya, Jawa Barat, mendapat pelatihan tanggap darurat Kebencanaan dari Tagana Kabupaten Tasikmalaya. Pelatihan ini dilaksanakan di Desa Cintaraja, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (19/6/2022).

Dalam kegiatan ini, Tagana menyampaikan beberapa materi kebencanaan. Mulai dari kebencanaan umum, road map hingga pengaturan pengungsian (Shelter). Pemuda Tasikmalaya dari Karang Taruna Desa Cintaraja ini juga mendapat pelatihan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).

“Semoga menjadi penyemangat dan dasar untuk Karang Taruna Desa Cintaraja untuk turut serta bergerak dalam kemanusiaan. Memicu lahirnya semangat dari Karang Taruna yang lain,” ujar Jembar Adisetya, Ketua FK Tagana Kab Tasikmalaya.

Baca juga: Indeks Risiko Bencana Jawa Barat Masih Tinggi, BPBD Diminta Waspada

Tujuan pelatihan tanggap darurat Kebencanaan ini untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana. Caranya dengan meyelenggarakan kegiatan penaggulangan bencana berbasis masyarakat.

“Melalui pemanfaatan sumberdaya alam dan manusia pada lingkungan setempat,” ucapnya.

Selain itu juga, pelatihan ini memberikan pemahaman, kesadaran bagi masyarakat tentang kerawanan dan ancaman bencana. Membentuk jejaringan kerja berkaitan dengan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat. Harapannya, penanganan bencana bisa cepat dan tanggap darurat bisa terlaksana baik. Terutama adanya keterlibatan masyarakat dan pemuda.

“Seperti mengorganisir potensi masyarakat supaya terlatih dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Memberikan kepastian serta kesinambungan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat. Perkuat hubungan sosial antar masyarakat serta mengoptimalkan potensi yang ada untuk penangulangan bencana,” pungkasnya. (Apip/R9/HR-Online/Editor-Dadang)