Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita BisnisPenyebab Investasi Mangkrak Bisa dari Izin hingga Perekonomian

Penyebab Investasi Mangkrak Bisa dari Izin hingga Perekonomian

Penyebab investasi mangkrak dieksekusi oleh pihak pemerintah. Adapun tindak lanjut masalah investasi ini dengan potensi Rp 32,5 triliun.

Sebenarnya keadaan apapun bisa terjadi dalam dunia investasi. Kondisi yang terjadi bisa karena pengaruh berbagai faktor. Misalnya masalah yang bisa terjadi yaitu investasi mangkrak.

Ada berbagai faktor yang bisa mengakibatkan investasi dalam berbagai kondisi. Regulasi menjadi salah satu penyebabnya.

Selain itu, investasi mangkrak di Indonesia juga akibat adanya sengketa atau pendanaan yang tidak kunjung berhasil terselesaikan.

Kondisi investasi mangkrak atau berhenti di tengah jalan sebenarnya umum terjadi. Seperti yang sudah dikatakan oleh ketua umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi B. Sukamdani.

Di mana ia menjelaskan jika penyebab investasi mangkrak cukup bervariasi. Setidaknya ada 3 penyebab utama mengapa kondisi ini terjadi.

Baca Juga: Strategi Investasi Jangka Pendek yang Perlu Investor Pemula Lakukan

Mengetahui Apa Saja Penyebab Investasi Mangkrak

Investasi mangkrak bisa disebut juga sebuah kegiatan yang mengalami masalah dan berhenti di tengah jalan. Investasi ini sering terjadi di Indonesia.

Pemerintah sendiri mencatat ada beberapa besar investasi tersebut terjadi di Indonesia. Sebesar Rp 708 triliun yang terjadi hingga tahun 2021 kemarin.

Pemerintah berhasil mengeksekusi investasi mangkrak hingga Rp 517,6 triliun. Hingga pertengahan tahun 2022 investasi tersebut tercatat sebanyak Rp 157,9 triliun.

Tidak hanya karena sengketa lahan saja, namun perselisihan antara rekan bisnis yang cukup mempengaruhinya.

Dari satu penyebab saja, juga terdiri atas berbagai masalah dengan penyelesaian berbeda. Adapun beberapa penyebab hal itu terjadi antara lain:

Baca Juga: Diversifikasi Portofolio Investasi yang Cocok untuk Investor

Izin

Salah satu penyebab investasi mangkrak mendapat pengaruh terkait hal perizinan. Perizinan usaha yang belum maksimal sebenarnya cukup berpengaruh terhadap kegiatan investasi.

Meski sudah memiliki izin dan terdapat undang-undang cipta kerja. Sebenarnya keputusan yang Mahkamah Konstitusi berikan sering menjadi ganjalan dalam meraih kepercayaan investor.

Hal ini terkait UU cipta kerja. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga masih kesulitan menyesuaikan aturan perizinan dalam kerangka online single submission.

Persoalan ini melibatkan lintas kementerian dan menghambat masuknya investasi baru ke Indonesia.

Pembebasan Lahan

Masih ada juga penyebab investasi mangkrak yang lainnya yaitu pembebasan lahan. Pada sektor infrastruktur 40% bisa terdapat pada pembebasan lahan.

Adapun tantangan utama investasi yaitu banyaknya jumlah lahan, mahalnya lahan, dan inisiatif pemda yang rendah.

Meski sudah terbentuk satgas, namun peran pemda sangat sentral dalam hal teknis dan memahami kondisi wilayahnya.

Baca Juga: Ciri Investasi Ilegal Cocok Bagi Investor, Jangan Sampai Tertipu

Situasi Ekonomi

Situasi ekonomi yang baru saja membaik setelah pandemi juga menjadi tantangan yang baru.

Sebenarnya ada beberapa investor yang mencoba melakukan kalibrasi atau menghitung ulang risiko jangka panjang maupun pendek.

Indonesia sebelumnya meraih predikat higher-middle income country, kini justru turun menjadi negara berpendapatan menengah ke bawah. Hal inilah yang menjadi penyebab lain mengapa investasi di Indonesia mangkrak. (R10/HR-Online)

- Advertisment -