Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Klep Motor Bengkok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Klep Motor Bengkok dan Cara Mengatasinya

Penyebab klep motor bengkok jangan anggap sepele. Segera cari tahu untuk bisa mengatasinya lebih cepat. Apalagi penyebab masalah tersebut juga cukup bervariasi.

Hal ini karena perawatan yang kurang diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Padahal sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang cukup mudah dikendarai.

Selain itu, perawatan pun tidak terlalu membutuhkan biaya besar. Apalagi jika Anda melakukan perawatan secara rutin performa kendaraan akan tetap baik dan tidak membutuhkan biaya besar.

Namun ketika perawatannya kurang pasti Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk mengatasinya. Salah satu yang bisa saja terjadi yaitu klep motor bengkok.

Padahal komponen yang satu ini memiliki peran yang cukup penting. Ada baiknya jika Anda memperhatikan komponen tersebut dengan cara melakukan pengecekan secara berkala.

Selain itu, dengan mengetahui penyebab klep motor bengkok membantu Anda dapat mengatasinya lebih cepat.

Baca Juga: Kunci Klep Motor, Ketahui Cara Menyetel dan Beragam Fungsinya!

Beberapa Penyebab Klep Motor Bengkok

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang cukup populer saat ini. Selain tipenya yang bervariasi, sepeda motor juga cocok untuk berkendara di area jalan yang macet.

Sayangnya jika sampai Anda tidak melakukan perawatan mengakibatkan komponen motor bisa bermasalah. Ada banyak masalah yang bisa terjadi kapan dan dimana saja.

Salah satunya yaitu bagian klep motor. Klep motor bengkok menjadi masalah yang sering dialami oleh pemilik sepeda motor. Masalah ini bisa terjadi akibat beberapa faktor penyebabnya.

Bengkoknya klep sepeda motor terjadi akibat pemiliknya sering membiarkan rantai keteng kendor. Sehingga klep akan bertabrakan dengan piston dan menjadi penyebab klep motor bengkok.

Saat sepeda motor menunjukkan tanda rantainya keteng kendor dan berbunyi berisik sebaiknya segera lakukan pengecekan. Jika terus dibiarkan klep bertabrakan dengan piston dan mesin akan jebol.

Baca Juga: Efek Klep Bocor pada Motor Picu Performa Mesin Menjadi Lemah

Akibat Modifikasi Mesin Salah

Salah satu penyebab klep motor bengkok juga terjadi akibat modifikasi mesin yang tidak tepat. Pada umumnya pengaturan buka tutup klep dari noken as yang asal akan mengakibatkan bertabrakan dengan piston.

Hal ini akan mengakibatkan klep bengkok jika tidak segera diatasi. Untuk mengurangi risiko terjadinya hal ini, sebaiknya saat mengganti noken as konsultasikan terlebih dulu ke bengkel. Jika sampai salah pengaturan dampaknya akan fatal.

Adanya Kerak Karbon yang Mengendap

Mengingat klep motor bisa mengalami masalah tentunya Anda harus melakukan perawatan. Jika tidak klep bengkok bisa terjadi. Meski penyebabnya cukup beragam, namun banyaknya kerak karbon yang menempel mengakibatkan masalah ini terjadi.

Kerak pada ruang bakal membuat gerakan buka tutup sehingga klep jadi terganggu. Saat kerak terlalu lama mengendap bisa membuat gerakan klep yang seharusnya menutup malah terbuka.

Efek buruk yang terjadi yaitu klep bertabrakan dengan piston dan terjadi bengkokan. Sebenarnya masih banyak penyebab klep motor bengkok.

Perawatan yang Kurang Tepat

Penyebab lain dari klep motor bengkok juga karena perawatan yang Anda lakukan kurang tepat. Padahal perawatan pada kendaraan akan berpengaruh terhadap kinerjanya.

Jika perawatan tepat dan rutin Anda lakukan akan mengurangi risiko munculnya masalah. Namun sebaliknya jika Anda enggan melakukannya berbagai masalah bisa terjadi.

Salah satunya klep motor bengkok. Apalagi jika mesin terlalu panas atau overheat, mengakibatkan komponen klep nyentuh piston. Jika tidak segera diatasi pastinya klep bengkok bisa saja terjadi.

Baca Juga: Penyebab Setelan Klep Cepat Berubah, Kenali Ini Sebelum Terlambat!

Cara Mengatasi Klep Motor Bengkok

Meski banyak penyebab klep motor bengkok, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Melakukan perawatan setiap komponen secara rutin dapat mengurangi risiko masalah ini terjadi.

Kondisi rantai keteng motor yang lemah akan menimbulkan suara berisik. cara untuk mengatasinya yaitu dengan cek dan melakukan perawatan. Saat kondisi rantai keteng aus segera menggantinya.

Cara ini juga bisa mengatasi masalah klep bengkok. Dengan mengatasinya sejak awal membantu mengurangi risiko timbulnya masalah.

Selain itu, dengan melakukan perawatan dan pengecekan komponen, kebersihan juga terjaga. Membantu setiap komponen dapat bekerja secara maksimal. Sebagai pemilik kendaraan sebaiknya dilakukan perawatan secara rutin.

Cara ini untuk membantu menjaga performa kendaraan. Dengan mengetahui penyebab klep motor bengkok membantu mengurangi timbulnya masalah saat berkendara. (R10/HR-Online)