Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan CBS dan ABS pada Sistem Pengereman Sepeda Motor

Perbedaan CBS dan ABS pada Sistem Pengereman Sepeda Motor

Perbedaan ABS dan CBS pada sepeda motor wajib Anda tahu. Salah satunya memiliki perbedaan dari segi fungsinya.

Setiap sepeda motor tentu dibekali berbagai kelengkapan komponen yang mampu menunjang kinerjanya menjadi optimal.

Salah satu sistem yang ada yaitu pengereman. Komponen keselamatan pada sepeda motor tersebut harus dijaga dan dirawat dengan tepat. Sehingga mendapatkan sistem yang berfungsi dengan baik.

Apalagi saat ini sudah banyak sepeda motor yang dilengkapi dengan pembaruan sistem canggih dan modern. Seperti halnya sistem pengereman seperti saat ini yang terbagi menjadi dua, yaitu CBS dan ABS.

Keduanya sama-sama memiliki peran sebagai fitur keselamatan. Namun ternyata ada beberapa perbedaan CBS dan ABS yang perlu Anda ketahui.

Sehingga bisa dengan mudah menggunakan fungsinya secara tepat. Agar Anda bisa tahu lebih jelas apa sistem pada sepeda motor tersebut, ada baiknya jika mengetahui definisinya secara lengkap.

Baca Juga: Komponen Rem Tromol Sepeda Motor yang Memiliki Peran Penting, Cek!

Perbedaan CBS dan ABS Sepeda Motor

CBS atau Combi Brake System dan ABS yaitu Anti-lock Brake System. Keduanya adalah sistem pengereman yang memiliki fungsi masing-masing.

Sama seperti komponen lainnya, sistem tersebut juga membutuhkan pengecekan dan perawatan secara tepat. Hal ini bertujuan agar komponen dapat bekerja secara optimal.

Sebenarnya kedua sistem keselamatan ini sudah dapat Anda lihat perbedaannya. Untuk CBS sendiri bekerja secara mekanis, sedangkan untuk ABS bekerja secara elektronik.

Sayangnya masih ada juga pemilik sepeda motor yang masih bingung dalam membedakan antara keduanya.

Berikut ini ada beberapa perbedaan antara kedua sistem pengereman tersebut. Anda bisa melihat perbedaan tersebut dari beberapa sisi.

Definisi

CBS atau Combi Brake System adalah salah satu sistem pengereman yang ada pada sepeda motor. Komponen yang satu ini sengaja dibuat untuk dapat berfungsi memperpendek jarak pengereman.

Sehingga ketika memadukan antara rem depan dan belakang dapat bekerja secara bersamaan. Saat tuas rem di belakang ditarik, maka kaliper rem depan dan belakang memberi tekanan pada cakram.

Porsi tekanannya memang berbeda secara otomatis. Sedangkan untuk sistem pengereman ABS atau Anti-lock Brake System memiliki fungsi yang tidak sama.

Adanya komponen tersebut membantu roda agar tidak terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Sehingga risiko tergelincir akan berkurang.

Bekerja berdasarkan sensor dan diterima oleh ECU (Electronic Control Unit). ECU akan memberikan perintah pada sistem ABS untuk mengatur tekanan fluida dalam kaliper.

Sehingga berlangsung pada tekanan cakram. Ini dapat Anda lihat perbedaan CBS dan ABS dari sisi definisinya.

Baca Juga: Kampas Rem Motor Asli dan Palsu, Begini Cara Membedakannya

Ukuran Kampas

Salah satu perbedaan antara sistem pengereman CBS dan ABS yaitu dari ukuran kampas remnya. Untuk kampas rem CBS sendiri ukurannya lebih besar daripada ABS.

Saat Anda hendak menggantinya, sebaiknya perhatikan dulu kode kampas rem masing-masing tipe.

Misalnya untuk tipe kampas rem Honda PCX ABS memiliki kode 06455-K84-901 dan yang CBS adalah 06455-KRE-K01.

Sistem Pengereman

Perbedaan bisa Anda lihat langsung dari sistem pengeremannya. Sebenarnya banyak sepeda motor yang lengkap dengan dua sistem pengereman tersebut.

Meski berfungsi untuk sistem keselamatan, namun fungsinya terlihat berbeda. Untuk sistem CBS sendiri bekerja dengan cara mendistribusikan kedua komponen, antara roda belakang dan tuas ungkit untuk menekan knocker.

Selanjutnya piston hidrolik dapat bekerja dengan mengaktifkan rem cakram bagian depan.

Sedangkan perbedaannya dengan ABS yaitu sistem pengereman tersebut dengan cara kerja menekan tuas rem mendadak.

Sebab sistem ABS lebih aman karena menggunakan sensor untuk mendeteksi secara otomatis.

Pijakan Kaki

Perbedaan CBS dan ABS yang cukup jelas terlihat yaitu dengan memperhatikan pada bagian pijakan kakinya. Pada sistem keselamatan ABS adanya dek air yang terbuat dari bahan stainless steel.

Selain itu, ABS juga bobotnya lebih berat daripada CBS meski hanya selisih kurang lebih 1 kg saja.

Baca Juga: Fungsi Anti Lock Brake System pada Sepeda Motor, Simak Penjelasannya!

Teknologi

Seperti pada penjelasan sebelumnya, jika perbedaan keduanya cukup terasa. Teknologi ABS menjaga ban motor saat terjadi pengereman mendadak tidak mengunci.

Sehingga risiko tergelincir jauh lebih kecil. Sedangkan untuk sistem pengereman CBS memiliki perbedaan dengan ABS yang membuat kinerjanya optimal, karena rem bagian depan dan belakang bekerja secara bersamaan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -