Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita PangandaranPetani Desa Pangkalan Pangandaran Diedukasi Metode Baru Cara Tanam

Petani Desa Pangkalan Pangandaran Diedukasi Metode Baru Cara Tanam

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Penyuluh Pertanian Kecamatan Langkaplancar, Pangandaran, Jawa Barat, memberi edukasi metode baru cara tanam kepada petani Desa Pangkalan. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pada petani.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Langkaplancar Nasrudin mengatakan, masyarakat Langkaplancar mayoritas berprofesi sebagai petani. Namun kebanyakan dari mereka bertani secara otodikak. Sementara untuk menopang hasil produksi yang maksimal perlu metode baru cara tanam.

“Saat ini para petani sudah banyak yang menggunakan alat modern, maka tentunya cara tanamnya juga perlu sedikit berubah. Untuk itu tugas kami sebagai penyuluh memberikan wawasan dan cara menanam yang lebih modern,” katanya, Minggu (19/06/2022).

Baca juga: Petani Langkaplancar Pangandaran Butuh Mesin Perontok Padi

Cara tanam yang baik dan benar juga akan berdampak terhadap hasil produksi itu sendiri. Sementara hasil produksi yang maksimal akan sangat berpengaruh terhadap majunya perekonomian para petani.

Sementara, Penyuluh Pertanian Swadaya Taryana mengatakan para petani Desa Pangkalan Langkaplancar sebagian besar masih mengggunakan cara- cara lama. Namun sedikit demi sedikit para petani sudah ada yang menggunakan metode baru.

“Saya sering terjun langsung ke lahan pertanian dan mencoba memberikan contoh cara penanaman yang dianjurkan pihak Dinas Pertanian. Alhamdulilah hasilnya lebih baik. Harapannya petani lain mengikuti anjuran para penyuluh,” paparnya.

Ketika hasil panen para petani Desa Pangkalan Langkaplancar sudah maksimal, pihaknya yakin masyakat akan makmur. Mengingat hampir semua warga Langkaplancar berprofesi sebagai petani.

“Jika bertani dengan baik dan benar insyaallah warga Langkaplancar akan makmur dan menikmati profesinya sebagai patani,” pungkasnya. (Enceng/R9/HR-Online/Editor-Dadang)