Senin, Juli 4, 2022
BerandaBerita TerbaruPuasa Senin Kamis untuk Hajat Apakah Boleh, Simak Penjelasannya

Puasa Senin Kamis untuk Hajat Apakah Boleh, Simak Penjelasannya

Puasa Senin Kamis untuk hajat apakah boleh? Mendapati pernyataan tersebut seolah terdapat beberapa kemungkinan.

Kemungkinan yang pertama adalah kita mempunyai hajat, kemudian hajat tersebut terkabul. Karena terkabul tersebut kemudian kita ingin ibadah puasa selama beberapa hari.

Nah, kita menjalankan puasa karena hajat kita yang sudah terkabul tersebut pada hari Senin dan Kamis. Namun tidak meniatkan untuk melakukan amalan sunnah tersebut.

Sedangkan untuk kemungkinan yang kedua adalah kita melakukan puasa Senin Kamis dengan tujuan supaya apa yang menjadi hajat kit, Allah kabulkan.

Puasa Senin Kamis sendiri adalah amalan sunnah yang sudah dianjurkan bagi umat Islam. Di luar adanya kewajiban puasa pada bulan Ramadhan.

Sama dengan namanya, amalan sunnah ini juga harus dilakukan pada setiap hari Senin dan Kamis.

Banyak amalan puasa sunah lainnya yang bisa kita kerjakan. Kendati demikian, nyatanya banyak umat muslim yang memilih menjalankan amalan sunnah puasa Senin Kamis.

Mengapa demikian? Karena amalan ini mempunyai faedah ataupun keutamaan yang sangat dahsyat.

Sudah Pernahkah Anda melakukannya? Apakah sampai sekarang ini juga masih istiqomah?

baca juga: Waktu Puasa Syawal Lebih Afdal Pada Waktu Ini, Jangan Sampai Salah

Puasa Senin Kamis untuk Hajat, Bagaimana?

Perlu Anda ketahui, puasa Senin Kamis bagi sebagian umat muslim itu merupakan salah satu sarana untuk mereka bisa menggapai kesuksesan.

Amalan sunnah tersebut juga menjadi sarana bagi umat muslim guna mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Esa.

Mengapa demikian? Apakah hanya dengan melakukan amalan sunnah tersebut kita menjadi dekat dengan Allah?

Bukan tidak mungkin apabila hal tersebut benar-benar terjadi dalam kehidupan ini. Bukankah orang yang rajin berpuasa itu kelak akan mendapatkan balasan surga melalui pintu Ar Royyan?

Bukankah dalam ajaran Islam itu manusia diciptakan untuk banyak beribadah kepada Allah, memperbanyak untuk melakukan amal kebaikan, menjalankan sunnah-sunnah dari Nabi Muhammad, dan yang lainnya.

Jika kita mampu melaksanakan amalan sunnah puasa Senin Kamis berarti kita juga sudah mengikuti aturan dari Allah. Ketika kita mampu menjadi seorang hamba yang taat terhadap aturan dari Allah SWT, bukan tidak mungkin apabila doa-doa yang kita minta akan Allah kabulkan.

Ingat, Allah itu tidak pernah menolak doa dari seorang hamba. Tapi kenyataannya sampai saat ini ada doa yang belum terkabulkan.

Apabila dalam kehidupan ini kita mendapati orang-orang yang mempunyai pemikiran demikian, katakan kepada mereka, Allah itu tidak akan mengabulkan doa dalam waktu cepat. 

Karena Allah ingin tahu seberapa istiqomah kita dalam percaya ataupun iman kepadaNya. Allah itu akan mengabulkan doa dalam waktu yang tepat.

Apabila doa tersebut terjadi dalam kehidupan kita dalam waktu yang tepat kita tidak sombong.

baca juga: Hukum Puasa Syawal di Hari Jumat, Begini Agama Islam Menjelaskan

Niat yang Khusyuk

Kita tahu bahwa setiap manusia itu pastinya mempunyai keinginan ataupun hajat yang ingin mereka capai. Mereka juga melakukan banyak amalan untuk mencapai terkabulnya keinginan tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa demi tercapainya sebuah hajat tersebut mereka juga rela melakukan puasa hajat. Puasa hajat? Apakah ada?

Mungkin selama ini kita mendengarkan atau pernah mendengar mengenai sholat hajat. Tapi bagaimana dengan puasa hajat?

Ternyata dalam puasa Senin Kamis untuk hajat, masyarakat lakukan guna mencapai suatu hajat mereka agar Allah kabulkan. Tetapi sebenarnya puasa hajat itu tidaklah ada.

Namun terdapat 1 puasa sunnah untuk mencapai suatu hajat, misalnya saja adalah Seni Kamis.

Maka dengan demikian itu, ketika kita mampu melakukan kebaikan kemudian mengadu kepada Allah, bukan tidak mungkin apabila Allah akan mengabulkan apa yang menjadi hajat ataupun Keinginan kita.

Bukankah doa orang-orang yang berpuasa itu juga Allah kabulkan? Tidak hanya itu saja, bukankah dalam puasa itu juga terdapat beberapa waktu yang mustajab untuk kita manfaatkan berdoa? Sebagai contohnya saja adalah waktu ketika berbuka.

baca juga: Marah Membatalkan Puasa, Jangan Sampai Rugi, Simak Penjelasannya!

Menjalankan Sunnah Nabi

Puasa Senin Kamis merupakan puasa yang hukumnya itu sunnah. Nabi Muhammad SAW juga selalu menjalankan amalan tersebut.

Maksud dari puasa Senin Kamis untuk hajat tersebut adalah ketika kita menjalankan aturan dari Allah, segala hal yang tidak mungkin terjadi pun akan terjadi kepada kita.

Maka dengan demikian itu bisa kita simpulkan, siapapun yang mau mengikuti aturan dari Allah maka apa yang menjadi keinginannya bakal Allah kabulkan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengikuti aturan dari Allah, bisa dengan memperbanyak sholat sunnah, melakukan sedekah, melakukan amal kebaikan dan juga melakukan puasa Senin Kamis untuk hajat tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)