Senin, Juli 4, 2022
BerandaBerita TerbaruRadiator Mobil Bocor Bagian Bawah, Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

Radiator Mobil Bocor Bagian Bawah, Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

Radiator mobil bocor bagian bawah bisa karena beberapa faktor penyebabnya. Sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu tahu hal tersebut agar lebih mudah dalam mengatasinya.

Berbagai masalah bisa saja terjadi pada mobil. Apalagi jika mobil menjadi alat transportasi yang Anda gunakan secara terus-menerus. Sehingga membutuhkan perawatan secara rutin.

Dengan perawatan yang tepat akan membantu menjaga kinerja mobil tetap optimal.

Selain itu, risiko munculnya kerusakan akan berkurang. Salah satu komponen penting mobil yaitu radiator.

Ketika Anda mengalami hal ini, sudah pasti harus segera mengatasinya. Jika tidak, maka akan berdampak pada komponen lainnya.

Jangan sampai Anda membiarkan masalah ini terjadi hingga mengakibatkan mobil overheat. Radiator adalah salah satu komponen yang perlu Anda memperhatikan bagian temperaturnya.

Sehingga bagian radiator tidak mengalami overheat. Jika overheat, mobil bisa mengalami mogok atau bahkan mati di tengah jalan.

Itulah pentingnya mengapa pemilik mobil perlu tahu penyebab radiator mobil bocor bagian bawah dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Kipas Radiator Mobil Mati, Ini Penyebab dan Cara untuk Mengatasinya!

Penyebab Radiator Mobil Bocor Bagian Bawah

Tidak sedikit masalah yang bisa dialami para pengguna mobil. Apalagi pada mobil tua sudah pasti kondisinya akan kurang optimal.

Apalagi jika perawatan dan pengecekan komponen tidak dilakukan, sudah pasti kondisi komponen mobil semakin bermasalah.

Anda pun akan kurang nyaman saat mengendarainya. Masalah radiator cukup beragam. Salah satunya yaitu radiator bocor.

Jika sudah terjadi masalah tersebut, sebaiknya untuk segera mengatasinya. Berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan radiator bocor. Simak ulasan berikut ini.

Saluran Radiator Terhambat

Radiator mobil bocor bagian bawah bisa dikarenakan banyak faktor penyebabnya. Salah satunya akibat tersumbatnya radiator.

Hal ini biasa terjadi karena adanya kotoran yang menumpuk. Sehingga membuat saluran radiator panas dalam mesin.

Hal ini terjadi karena radiator tidak dapat tersalurkan dengan baik. Tidak hanya itu saja, overheat yang terjadi juga mengakibatkan radiator bocor yang bisa dialami pemilik mobil setiap saat.

Kualitas Radiator Kurang Baik

Air radiator yang berkualitas akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Hal ini juga terjadi pada air radiator yang kurang berkualitas.

Jika kualitasnya buruk bisa mengakibatkan usia pemakaian lebih singkat.

Air radiator berkualitas rendah atau buruk biasanya memiliki usia pemakaian yang lebih singkat. Sebab, kondisinya bisa membuat radiator juga mudah rusak.

Salah satunya yaitu rentan kebocoran yang sering terjadi.

Baca Juga: Tips Memilih Air Radiator Mobil, dari Spesifikasi Hingga Warnanya

Usia Radiator

Mengingat radiator adalah komponen yang cukup penting, sebaiknya selalu cek kondisinya secara tepat. Sebab, usia radiator juga mempengaruhi terhadap kualitasnya.

Bisa jadi radiator yang berusia tua menjadi penyebab radiator mobil bocor bagian bawah.

Sama seperti komponen lainnya, radiator juga memiliki usia pemakaian hingga 10 tahun. Hal ini jika radiator terawat dengan baik.

Namun ada juga radiator yang hanya berusia 5 tahun sudah mengalami berbagai masalah. Sehingga berbagai masalah bisa terjadi, salah satunya karena usia dan perawatan radiator.

Terkena Benda Keras

Sebenarnya merawat komponen mobil adalah kewajiban bagi pemiliknya. Apalagi harga mobil yang tidak murah, membuat Anda harus bisa menjaga komponen satu dengan yang lainnya.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga performa mobil.

Namun terkadang masalah bisa saja terjadi kapan pun. Termasuk hal yang bisa mengakibatkan radiator mobil bocor bagian bawah.

Kebocoran radiator bisa karena berbagai hal. Bisa karena benturan pada bagian tersebut. Benturan benda asing dan keras sering kali terjadi.

Tanpa disadari, masalah ini bisa menimbulkan kebocoran radiator. Saat melewati jalan berlubang atau tidak rata, sebaiknya untuk melaluinya secara hati-hati.

Sehingga radiator yang berada di bagian bawah akan mengalami risiko terbentur. Bahkan bisa mengakibatkan radiator bocor.

Untuk itu, gunakan cara tepat agar radiator tetap dalam kondisi aman. Sehingga dapat berfungsi secara optimal.

Baca Juga: Selang Radiator Mobil Bocor dan Kendala yang Sering Terjadi Lainnya

Kualitas Karet dan Plastik yang Getas

Letak radiator biasanya berdekatan dengan panas mesin. Hal ini mengakibatkan komponen lain terasa panas secara terus-menerus. Sehingga akan berisiko retak.

Misalnya tabung reservoir pada bagian mesin terbuat dari plastik, sedangkan radiator terbuat dari karet. Jika tabung terus-menerus terkena suhu panas akan mengakibatkan timbulnya keretakan. Sehingga bisa menjadi penyebab radiator mobil bocor bagian bawah. (R10/HR-Online)