Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TerbaruRuang Sholat Dalam Rumah Sederhana, Gunakan Inspirasi Dekorasi Ini

Ruang Sholat Dalam Rumah Sederhana, Gunakan Inspirasi Dekorasi Ini

Ruang sholat dalam rumah sederhana tidak harus memiliki ukuran yang luas. Anda bisa menciptakan ruangan yang nyaman dengan desain pilihan terbaik.

Setiap orang muslim tentu wajib menjalankan ibadah sholat. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang memilih membuat tempat khusus untuk beribadah.

Cara ini banyak dilakukan untuk bisa memaksimalkan ibadah saat di rumah. Sebaiknya desain ruangan tersebut meski ruangan tidak terlalu luas.

Apalagi jika Anda bisa mendesainnya secara tepat, tentu akan mendapatkan ruangan yang nyaman dan berfungsi secara optimal. Biasanya ruang sholat dalam rumah sederhana memiliki desain menarik dan terbuka.

Cukup pisahkan dengan lemari ukuran pas akan membantu tempat sholat semakin menarik. Pastikan desain tepat sesuai konsep yang Anda inginkan.

Selain itu, dengan desain yang menarik tampilan tempat sholat akan membantu ibadah semakin tenang dan menyenangkan.

Baca Juga: Mushola Minimalis Dalam Rumah Ciptakan Ruang Ibadah yang Nyaman

Inspirasi Ciptakan Ruang Sholat Dalam Rumah Sederhana

Saat ini konsep rumah minimalis justru semakin populer di kalangan masyarakat luas. Selain memiliki desainnya unik, minimalis, dan tentu hemat biaya.

Meski tidak terlalu luas, namun mampu membuat ruangan terasa nyaman dan hangat. Bagi mereka umat muslim, tempat ibadah di rumah adalah salah satu yang wajib ada.

Untuk itu, pastikan menyisihkan satu ruang khusus agar sholat semakin khusuk. Anda bisa membuat mushola atau tempat sholat yang tidak terlalu luas yaitu cukup untuk 2 atau 3 orang.

Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk ibadah bersama. Berikut ini ada beberapa inspirasi desain yang tepat untuk tempat sholat di rumah yaitu:

Minimalis nan Keren

Salah satu inspirasi dekorasi untuk ruang sholat dalam rumah sederhana yaitu minimalis. Meski demikian, namun tetap mampu menampilkan ruangan yang keren.

Anda bisa menciptakan tempat sholat yang berada di area belakang rumah. Rancang desain tempat sholat pada area luar rumah agar memberikan kesan lebih sejuk dan dingin.

Karena tempat sholat berada di luar rumah, maka desain mushola dengan tempat wudhu bisa Anda atur secara tepat.

Pastikan desain yang Anda terapkan mampu membuat aktivitas ibadah sholat lebih tenang dan khusuk.

Tambahkan tanaman hijau di area tempat ibadah untuk menciptakan nuansa lebih alami.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Salat di Rumah Tingkatkan Kekhusyukan Saat Ibadah

Pilih Bagian Sudut Ruangan di Rumah

Memiliki tempat sholat di rumah akan membantu ibadah lebih mudah. Bahkan Anda dapat menjalankannya bersama dengan anggota keluarga lain.

Anda bisa pilih lokasi tempat sholat di area salah satu sudut ruangan.

Anda tidak perlu membuat ruangan khusus, hanya perlu menyesuaikan dengan dekorasi ruangan di rumah. Pilih desain yang mampu membuat area salah satu sudut terkesan menarik.

Tidak perlu berlebihan atau lokasi yang terlalu luas, namun penempatan yang tepat juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda beribadah.

Gunakan Sajadah Berukuran Lebar

Desain tempat sholat terbuka memang terkesan lebih menarik untuk Anda letakkan di rumah. Selain terlihat lebih luas, desain yang satu ini juga akan membantu meningkatkan rasa nyaman saat beribadah.

Untuk tampilan tempat sholat agar terkesan semakin mengesankan gunakan sajadah ukuran besar. Gunakan sajadah karpet yang bisa digunakan untuk beberapa orang.

Jika Anda memiliki tampilan desain tempat sholat yang satu ini, akan lebih menarik jika menghiasi dengan tanaman dalam pot agar terkesan menarik. Sehingga ruang sholat dalam rumah sederhana terkesan lebih menarik.

Mushola Jendela Kaca

Meletakkan ruang sholat dalam rumah sederhana memang harus tepat. Anda bisa menciptakan tampilan menarik dengan cara meletakkan tempat sholat di area dekat jendela.

Anda bisa gunakan salah satu sudut ruangan di rumah dengan kaca jendela berukuran besar.

Ukuran tempat sholat dalam rumah memang terbatas, untuk itu, ada baiknya jika Anda menatanya secara tepat. Buat tempat untuk meletakkan mukena, sarung, Al Quran, dan perlengkapan sholat lainnya.

Baca Juga: Desain Rumah Bernuansa Islami dengan Sentuhan Dekoratif

Lengkapi Dekorasi Tempat Sholat

Menciptakan desain tempat sholat di rumah memang tidak bisa sembarangan. Anda harus memikirkan tata letak, dekorasi, hingga perlengkapan yang ada.

Lengkapi tempat sholat dengan dekorasi untuk menunjang aktivitas beribadah. Misalnya untuk tempat meletakan sarung, mukena, Al Quran, dan perlengkapan lainnya.

Beberapa orang memilih dekorasi untuk ruang sholat dalam rumah sederhana karena memiliki tampilan menarik. Meski sederhana, Anda harus tepat dalam menentukan letak lokasinya. (R10/HR-Online)