Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaBerita BanjarSafety Riding dan Driving, Tekan Angka Laka Lantas di Kota Banjar

Safety Riding dan Driving, Tekan Angka Laka Lantas di Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Polres Kota Banjar, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan Safety Riding dan Driving di Aula Mapolres, Sabtu (11/6/2022).

Pada kesempatan itu, para pengemudi khususnya yang tergabung di dalam berbagai komunitas diberikan pemahaman oleh pemateri.

Kapolres Banjar, AKBP Ardiyaningsih menyampaikan, tujuan acara tersebut sebagai langkah atau antisipasi untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kata dia, selain harus mahir dalam mengendarai kendaraan bermotor, masyarakat juga dituntut harus mematuhi serangkaian aturan dan faktor keselamatan berlalu lintas.

“Adapun materinya disampaikan oleh lima orang narasumber dari latar belakang yang berbeda, hal itu bertujuan untuk mewujudkan zero accident atau mengurangi angka kecelakaan,” kata AKBP Ardiyaningsih.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Pasar Hewan Kota Banjar Sepi Pedagang

Ia menjelaskan, meskipun Kota Banjar hanya memiliki empat wilayah kecamatan, namun angka kecelakaan lalu lintas lumayan cukup tinggi.

“Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor kelalaian manusia itu sendiri, kondisi kendaraan, dan yang lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Ardiyaningsih menambahkan, acara Safety Riding dan Driving tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun Bhayangkara ke 76.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati ulang tahun Bhayangkara ke 76. Peserta kegiatan kali ini ada dari komunitas motor, angkutan umum, dan komunitas mobil,” tambahnya.

Terpisah, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr. Ika Rika menyampaikan, kesehatan fisik sangat penting diperhatikan ketika hendak mengendarai kendaraan bermotor.

“Kesehatan fisik itu sangat penting ketika akan berkendara. Sebab banyak kejadian orang meninggal dunia saat mengemudi karena memiliki riwayat penyakit tertentu,” katanya.

Kemudian, kesehatan psikologi juga harus diperhatikan oleh setiap pengendara atau pengguna jalan. Karena seringkali terjadi cekcok gegara hal sepele dengan pengendara lain.

“Kesehatan psikologi tak kalah penting, kita harus bisa mengontrol emosi dan menghargai sesama pengguna jalan,” pungkasnya.

Maka dari itu, kegiatan Safety Riding dan Driving ini sangat bermanfaat bagi para pengendara. (Sandi/R8/HR Online/Editor Jujang)