Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisSekolah Adiwiyata Tahun 2022, SMAN 2 Banjarsari Terbaik Kedua se-Kabupaten Ciamis

Sekolah Adiwiyata Tahun 2022, SMAN 2 Banjarsari Terbaik Kedua se-Kabupaten Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sekolah Adiwiyata tahun 2022, SMA Negeri 2 Banjarsari berhasil meraih juara terbaik kedua se-Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ketua Tim Adiwiyata SMA Negeri 2 Banjarsari, Yusman mengatakan, tidaklah mudah untuk bisa menggapai prestasi tersebut.

“Perjalanannya sangat panjang untuk menjadi Sekolah Adiwiyata ini. Kami memulai dari studi banding ke sekolah yang sudah peringkat nasional, hingga mempelajari bagaimana persiapan lainnya yang harus kita penuhi untuk menyandang predikat Adiwiyata ini,” tuturnya, Kamis (16/06/2022).

Untuk mengikuti Adiwiyata ini, lanjut Yusman, ada beberapa persiapan yang pihaknya lakukan. Mulai dari pembenahan saluran drainase, pengelolaan serta pemilahan sampah organik dan non organik.

Kemudian, pengadaan green house, tempat pembudidayaan tanaman, termasuk pemeliharaan serta pembibitan tanaman.

Baca Juga : 25 Sekolah di Ciamis Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten

Sekolah Adiwiyata dan Program Kekasih SMAN 2 Banjarsari

“Untuk gerakan tanam pohon ini kami melibatkan para siswa dan guru, juga komite serta pengawas. Untuk kegiatan rutin kami adalah Kegiatan Kamis Bersih atau Kekasih,” terangnya.

Selain kegiatan tersebut, kata Yusman, dalam persiapan Adiwiyata pihak sekolah juga melakukan penanaman berbagai tanaman obat keluarga/toga atau apotik hidup serta warung hidup.

Sehingga para siswa pun ikut merasakan bagaimana ketika sekolah ingin meraih cita-cita untuk menjadi juara Adiwiyata. 

Pihaknya juga membuat sumur resapan dan biopori untuk mengatasi genangan air. Sumur resapan ini bermanfaat meresapkan serta menampung air. Sangat bermanfaat untuk menyiram tanaman sehingga mengurangi pengurangan daya listrik.

“Nah, dari semua saluran air yang dibuang itu, kami memanfaatkan pula ke hal lain. Seperti mengalirkan langsung ke dalam kolam ikan yang dikelola oleh kader Adiwiyata yang berasal dari para siswa,” imbuhnya.

Sedangkan, untuk bisa mendapatkan bimbingan tentang Sekolah Adiwiyata, pihak SMA Negeri 2 Banjarsari bekerjasama dengan lintas instansi. Seperti halnya dengan UPTD dan DPRKPLH Kabupaten Ciamis, terkait cara pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Yusman juga menyampaikan, dengan raihan juara Sekolah Adiwiyata, SMAN 2 Banjarsari mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala DPRKPLH Ciamis yang telah memberikan pembinaan selama mengikuti lomba tersebut. Sehingga SMAN 2 Banjarsari bisa mencapai kriteria.

Baca Juga : 10 Sekolah di Ciamis Dapat Penghargaan Adiwiyata

Harapan SMAN 2 Banjarsari

Tercapainya cita cita menjadi juara Adiwiyata, pihak sekolah juga akan terus menjaga serta meningkatkan perilaku yang diterapkan saat mengikuti lomba Sekolah Adiwiyata.

“Jadi bukan saat hendak mengikuti lomba saja. Namun kedepannya kami akan terus menerapkan kegiatan ini dalam keseharian di sekolah. Seperti mengelola bank sampah di sekolah,” kata Yusman.

Pihak sekolah akan terus mengarahkan para siswanya agar selalu bisa memanfaatkan sampah, dari mulai pemilahan sampah organik dan non organik. Hingga mengolah menjadi sebuah benda yang bermanfaat.

Kepala SMAN 2 Banjarsari, Teti Gumiati mengaku sangat bangga atas pencapaian sekolahnya menjadi terbaik kedua Sekolah Adiwiyata Tahun 2022 se-Kabupaten Ciamis tahun 2022.

“Mudah-mudahan untuk kedepannya SMAN 2 Banjarsari bisa ikut dalam ajang Adiwiyata tingkat provinsi,” harapnya.

Menurut Teti, dengan meraih terbaik kedua sebagai Sekolah Adiwiyata tahun 2022 tingkat Kabupaten Ciamis, SMAN 2 Banjarsari bisa terus lebih maju sebagai sekolah modern yang penuh prestasi. (Suherman/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -