Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita PangandaranSekolah di Kabupaten Pangandaran Terapkan Metode Layak Anak

Sekolah di Kabupaten Pangandaran Terapkan Metode Layak Anak

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Sekolah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menerapkan Metode Layak Anak untuk mendukung program Pangandaran menuju Kabupaten Layak Anak.

Menanggapi hal itu, Ketua PGRI Kecamatan Kalipucang, Uus, mengatakan, dengan adanya program tersebut, para orang tua akan merasa aman saat anaknya belajar di sekolah.

“Dengan menerapkan ramah anak, mendidik para siswa di sekolah pun tidak canggung, mengingat guru yang ada di sekolah merupakan perwakilan orang tua. Para guru pun selayaknya mendidik anaknya sendiri saat berada di sekolah,” ujarnya, Sabtu (04/06/2022).

Pada saat siswa berada di lingkungan sekolah terutama saat kegiatan belajar mengajar (KBM), lanjut Uus, siswa tersebut juga kini merasa aman dan nyaman ketika belajar.

Karena, metode ramah anak di sekolah salah satunya memberikan edukasi kepada para siswa. Tidak jauh berbeda dengan orang tuanya yang penuh rasa sayang dalam mendidik anak-anaknya.

“Para siswa pun akan mudah mencerna dan memahami setiap pelajaran yang guru berikan,” kata Uus.

Baca Juga : Workshop Inovasi Pembelajaran Abad 21 Digelar PGRI Pangandaran

Metode Layak Anak di Sekolah Pangandaran Dinilai Positif

Terpisah, Kepala SD Negeri 1 Putrapinggan, Kabupaten Pangandaran, Yuyu, menilai, penerapan metode layak anak sangat positif. Baik siswa, guru dan para orang tua siswa.

“Penerapan metode layak anak ini merupakan edukasi jangka panjang. Anak-anak yang kini masih sekolah dasar, kelak menjadi dewasa dan jadi orang tua. Mereka pun nantinya bisa menerapkan edukasi terhadap anaknya sendiri saat berada di rumah,” terang Yuyu.

Sementara itu, Suryati, salah satu orang tua siswa mengaku nyaman dan aman dengan penerapan program metode ramah anak oleh pihak sekolah.

“Ya, tentunya kami merasa senang dan tenang sebagai orang tua saat anak belajar di sekolah. Karena dengan keramahan guru dalam menyampaikan pelajaran, anak pun akan merasa senang saat berada dalam lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, imbuh Suryati, menerapkan metode ramah anak juga sangat positif dan bermanfaat bagi pihak sekolah. Hal itu pun menunjukkan bahwa pihak sekolah sangat mendukung program Pemkab Pangandaran menuju Kabupaten yang ramah anak.

“Untuk itu kami dari orang tua siswa sangat mendukung langkah dan program sekolah dengan metode ramah anak,” tandasnya. (Ntang/R3/HR-Online/Editor-Eva)