Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruSetelan Kopling Mobil Terlalu Tinggi Mengakibatkan Kesalahan Fatal

Setelan Kopling Mobil Terlalu Tinggi Mengakibatkan Kesalahan Fatal

Setelan kopling mobil terlalu tinggi akan memiliki dampak buruk. Sebaiknya Anda cari tahu bagaimana cara setel kopling agar dapat bekerja secara optimal.

Dalam dunia otomotif tentu banyak komponen yang memiliki peran dan cara perawatan yang berbeda. Seperti halnya kendaraan seperti mobil terdiri dari beberapa komponen yang berperan untuk menjaga performa kendaraan saat bekerja.

Apalagi saat ini peminat mobil semakin banyak. Dengan berbagai merk dan jenis, mobil masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Meski saat ini sudah banyak muncul mobil dengan energi listrik, namun mobil dengan bahan bakar masih menjadi pilihan.

Mobil dengan mesin pembakar masih menjadi pilihan karena berbagai alasan. Apalagi bagi mobil yang memiliki transmisi manual memiliki sistem pemindah tenaga memiliki peran yang cukup penting.

Salah satunya yaitu sistem kopling. Ada baiknya jika Anda tahu bagaimana cara menyetelnya dengan tepat. Sebab, jika sampai setelan kopling mobil terlalu tinggi mengakibatkan bahaya bagi pengendara maupun orang lain. Sebaiknya cari tahu peran kopling dan cara tepat melakukan penyetelan.

Baca Juga: Cara Merawat Kopling Mobil Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Dampak Buruk Setelan Kopling Mobil Terlalu Tinggi

Kopling adalah salah satu piranti penting dalam sebuah mobil. Perannya yang cukup penting sudah pasti Anda harus menjaga kondisinya tetap prima.

Bahkan dengan melakukan perawatan pada semua komponen juga membantu keselamatan berkendara tetap terjaga. Kopling berperan penting saat perpindahan gigi pada mobil transmisi manual.

Komponen yang satu ini bisa bekerja optimal jika Anda tepat dalam melakukan penyetelan. Kopling disetel dengan tepat agar menjaga kenyamanan saat berkendara.

Jika tidak akan mengurangi kenyamanan saat menginjaknya. Saat setelan terlalu tinggi pun dampaknya akan buruk. Putaran mesin ke transmisi sampai ke roda akan terasa nyaman saat setelan kopling tepat.

Berbeda dengan setelan kopling yang terlalu tinggi. Hal ini akan berdampak pada kenyamanan berkendara. Muncul gesekan yang tinggi dan berbahaya.

Hal ini akhirnya akan berdampak pada panas bagian yang bergeser termasuk kopling mobil. Karena dampak buruk inilah mengapa setelan kopling harus tepat.

Jika sampai terlalu tinggi akan berdampak pada komponen lainnya. Untuk itu, sebagai pemilik mobil tidak ada salahnya Anda tahu bagaimana cara tepat melakukan setelan kopling. Jika terlalu tinggi atau sebaliknya akan membuat kampas kopling cepat aus.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kopling Mobil, Berbagai Macam dengan Ciri yang Dimilikinya

Mengakibatkan Tenaga Mesin tidak Optimal

Banyak hal yang bisa terjadi jika setelan kopling tidak tepat. Selain berdampak pada kampas yang cepat aus, ternyata setelan kopling mobil terlalu tinggi juga menimbulkan tenaga mesin tidak optimal.

Kopling tidak mampu lagi tertekan. Sebab kampas kopling masih tertekan oleh press kopling. Akibatnya putaran mesin tidak tersalur sepenuhnya ke bagian transmisi.

Beda halnya jika kampas kopling terlalu tertekan. Hal ini menandakan jika setelan kopling tidak tepat. Jika penyetelan tepat saat kopling ditekan maka kampas kopling benar-benar bebas.

Selain putaran mesin tidak tersalur sama sekali ke transisi, jika penyetelan tidak tepat lama kelamaan akan muncul bau hangus akibat adanya gesekan antara press kopling, kampas dan flywheel. Penting bagi anda untuk mengetahui setelan kopling yang tepat.

Baca Juga: Penyebab Kopling Mobil Selip, Terjadi Karena Kampas Bermasalah

Cara Setel Ketinggian Pedal Kopling

Cara setel kopling cukup penting. Jangan setelan kopling mobil terlalu tinggi yang memberikan dampak buruk. Sebaiknya setel dengan tepat, agar bisa mengetahui jarak antara ujung pedal kopling bagian bawah dengan lantai mobil.

Untuk ukuran terbaik yaitu dengan mengikuti petunjuk yang ada dalam buku manual mobil. Adapun cara penyetelan ketinggian pedal kopling yang tepat.

  • Gunakan kunci pas 12 atau 14
  • Selanjutnya Anda bisa setel ketinggian pada bagian atas pedal kopling
  • Sebaiknya putar mur pengunci ke kiri hingga kendur, dengan demikian baut penyetel mudah diputar
  • Putar baut penyetel ke arah kiri agar dapat menaikkan ketinggian pedal kopling
  • Jika pedal kopling terlalu tinggi , putar ke kanan untuk menurunkannya
  • Sebaiknya sesuaikan tinggi kopling dengan pedal rem
  • Jika ketinggian sudah pas, putar mur pengunci kembali agar baut penyetelan ketinggian dapat kembali kokoh.

Sebaiknya Anda bisa melakukan penyetelan pedal kopling. Sehingga komponen dapat berfungsi secara tepat. Begitu juga jika setelan kopling mobil terlalu tinggi, ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi. (R10/HR-Online)