Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita BanjarSMAN 1 Banjar dan SMA Al-Azhar Borong Prestasi OSN, Optimis Juara Provinsi

SMAN 1 Banjar dan SMA Al-Azhar Borong Prestasi OSN, Optimis Juara Provinsi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- SMAN 1 Banjar dan SMA Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat, berhasil memborong prestasi pada lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Banjar tahun 2022.

Kedua sekolah itupun optimis meraih prestasi terbaik pada OSN tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kepala SMAN 1 Banjar Barnas mengatakan, terdapat 6 orang siswa dari SMAN 1 Banjar yang meraih prestasi terbaik di ajang OSN tahun 2022 tingkat Kota Banjar dan berhak melaju ke tingkat provinsi.

Keenam siswa tersebut 3 di antaranya menjadi peserta dengan nilai terbaik bidang ekonomi.

Sementara 3 siswa lainnya meraih prestasi terbaik di bidang geografi, informatika dan bidang kebumian.

“Penilaian berdasarkan passing grade (ambang batas nilai tertinggi). Informasinya untuk pelaksanaan OSN tingkat provinsi bulan Juli mendatang,” katanya kepada HR Online, Kamis (16/6/2022).

baca juga: Raih Prestasi, Dispora Belum Bisa Berikan Beasiswa ke Tim Basket SMPN 1 dan SMAN 1 Banjar

SMAN 1 Banjar Paling Banyak Dapat Nilai Terbaik

Jumlah peserta yang mengikuti Olimpiade Sain Nasional tahun 2022 tingkat Kota Banjar itu, kata Barnas, sebanyak 180 orang dengan bidang sains yang dilombakan sebanyak 9 mata pelajaran.

Adapun SMAN 1 Banjar menjadi sekolah yang paling banyak meraih nilai terbaik dengan jumlah peserta yang akan mewakili di tingkat provinsi sebanyak 6 orang.

“Untuk SMAN 1 Banjar ada 6 siswa yang akan melaju ke tingkat provinsi. Keenam siswa itu perwakilan dari siswa kelas 10 dan kelas 11,” katanya.

“Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi yang lain agar lebih giat lagi dalam belajar serta memacu prestasi yang lebih tinggi di tingkat provinsi,” imbuhnya.

SMA Al Azhar Siap Raih Prestasi di Provinsi

Terpisah, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Azhar Hj Avivaty Zahriyah mengatakan, untuk SMA Al-Azhar ada 3 siswa yang meraih nilai terbaik dalam Olimpiade tahun ini, yaitu bidang astronomi, fisika dan biologi.

Adapun siswa yang meraih nilai terbaik tersebut yaitu Maratul Mukaromah juara 1 bidang Biologi, Syahrul Fadillah bidang fisika dan Aini Nurun Nazhifah bidang Astronomi.

“Tentunya ini prestasi yang membanggakan bagi kami. Tiga siswa meraih nilai terbaik dan akan maju pada OSN di tingkat provinsi,” katanya.

Ia mengaku bangga atas raihan prestasi siswanya itu. Hal itu, karena menurutnya lembaga sekolah maupun siswa memiliki kompetensi dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain di Kota Banjar.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan kepada siswa agar terus semangat belajar, menyiapkan diri untuk mengukir prestasi yang lebih tinggi pada OSN di tingkat provinsi.

“Kami mendukung penuh agar nantinya mereka meraih prestasi juara terbaik di tingkat provinsi dan bisa berlanjut hingga tingkat nasional,” ucapnya.

Selain SMA Al-Azhar dan SMAN 1 Banjar, sekolah lain yang berhasil meraih prestasi dan melenggang ke tingkat provinsi pada OSN 2022, yaitu SMAN 2 Banjar untuk bidang Informatika dan Kimia serta SMAN 3 Banjar juara bidang Geografi dan Kimia. (Muhlisin/R6/HR-Online)