Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita BanjarTadarus Budaya Meriahkan Malam Minggu di Kota Banjar

Tadarus Budaya Meriahkan Malam Minggu di Kota Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Tadarus Budaya memeriahkan malam Minggu di Kota Banjar, Jawa Barat, digelar sejumlah komunitas pegiat seni dan budaya.

Kegiatan yang berisi diskusi dan pementasan seni budaya itu berlangsung di area Taman Gedung PusdaI, Kota Banjar, Sabtu (04/06/2022) malam.

Dengan mengambil tema Reundeuk Igel Pancasila, kegiatan tersebut merupakan yang pertama sejak terhenti karena situasi pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu.

Salah seorang pegiat budaya, Dani Danial Mukhlis mengatakan, tadarus budaya dengan tema Pancasila bertujuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui kerja nyata, perilaku. Serta menjadi tradisi dalam kehidupan sehari-hari

Jadi, Pancasila tidak hanya menjadi hafalan semata, namun lebih jauh dari itu bisa menjadi karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya dengan tenggang rasa dan menjaga kerukunan.

“Pancasila tidak hanya dihafal. Tapi juga terwujud dalam kerja nyata, sikap dan tradisi. Yang paling penting menjadi karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Danial.

Acara Tadarus Budaya tersebut juga merupakan ajang silaturahmi dan tempat bertukar gagasan antara pelaku seni, budayawan dan masyarakat.

Baca Juga : Melihat Kampung Pancasila Kota Banjar yang Baru Diresmikan

Selain berdiskusi, juga ada atraksi pementasan seni budaya untuk menghibur para pengunjung yang mengikuti diskusi, supaya mereka tidak jenuh.

Tadarus Budaya Wadah Silaturhami

“Jadi, tadarus budaya ini wadah untuk silaturahmi dan bertukar gagasan atau sambung rasa. Kebetulan karena momentum Hari Lahir Pancasila kita jadikan tema dalam kegiatan malam ini,” katanya

Lebih lanjut Danial mengatakan, forum komunitas pegiat seni dan budaya ini sudah digagas sejak tahun 2014. Kegiatan seperti ini juga sempat berjalan untuk pertama kalinya pada tahun 2020 lalu di wilayah Kecamatan Langensari.

Namun, dalam perjalanannya terkendala dengan situasi pandemi Covid-19, sehingga baru pada kesempatan ini bisa kembali terselenggara.

“Dulu tahun 2020 kita sudah berjalan, tapi terhenti karena pandemi. Insya Allah kita akan merencanakan lagi dalam berbagai kesempatan lain,” kata Danial. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)