Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisTanah Penahan Tebing Bahu Jalan di Kawali Ciamis Ambruk

Tanah Penahan Tebing Bahu Jalan di Kawali Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Tanah penahan tebing bahu jalan di Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jabar, ambruk dan menimbun halaman masjid. Peristiwa itu terjadi saat hujan mengguyur wilayah Kawali, Sabtu (25/6/2022).

Rusmana, Kepala UPTD PUPRP Wilayah Kawali Ciamis membenarkan adanya tebing bahu jalan kabupaten yang ambruk. Pihaknya mendapat laporan dari Pemdes Purwasari.

Menurut Rusmana, intensitas hujan deras membuat tanah tebing tersebut tergerus air sehingga semakin lama tanah tidak kuat menahan beban, kemudian tebing bahu jalan tersebut akhirnya ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Setelah mendapat laporan kami langsung melakukan pengecekan ke lokasi. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal lain yang membahayakan, kami pasang garis pembatas,” ujar Rusmana, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Tembok Penahan Tebing Rumah Warga di Rancah Ciamis Ambruk

Sedangkan untuk penanganan sementara, masyarakat bergotong royong membersihkan material tanah yang menimbun halaman masjid. Sehingga warga bisa kembali menggunakan masjid tersebut.

Setelah melakukan pengecekan, pihak UPTD PUPRP Kawali akan segera menindaklanjutinya ke tingkat kabupaten. Sehingga harapannya bisa kembali dibangun penahan tebing pada bahu jalan tersebut. Bila membiarkan kerusakan ini, khawatir longsor akan semakin melebar hingga ke badan jalan.

Mengingat akses jalan Kabupaten tersebut sebagai penghubung antara kecamatan. Terutama wilayah Desa Purwasari dengan wilayah Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)