Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisTingkatkan Daya Saing UMKM, Ini yang Dilakukan DKUKMP Ciamis

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Ini yang Dilakukan DKUKMP Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya meningkatkan daya saing pelaku UMKM di era Globalisasi saat ini, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis menggelar pelatihan pemberdayaan melalui kemitraan bagi pelaku usaha mikro, Jumat (24/6/2022).

Kepala DKUKMP Ciamis, Asep Khalid Fajari mengatakan, era globalisasi saat ini setiap pelaku UMKM didorong untuk menciptakan inovasi dan kreativitas dalam usahanya.  

Sehingga, lanjut dia, nantinya produknya itu akan tetap eksis dan berdaya saing khususnya dengan para kompetitor produk sejenis.

“Untuk itu, harus ada fasilitas, kemudian pembinaan terhadap para pelaku UMKM. Nah, dalam upaya tingkatkan daya saing salah satunya dengan lebih ditingkatkan lagi kualitasnya, desainnya kemudian, kemasannya,” katanya.

Maka dari itu, kata Asep, untuk mendukung tujuan tersebut. DKUKMP Ciamis akan melaksanakan pelatihan pemberdayaan melalui kemitraan bagi pelaku usaha mikro.

Baca Juga: Sempat Diduga Hanyut, Pemancing di Ciamis Ditemukan Selamat 

Asep menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk menyiapkan pelaku UMK yang memiliki kapasitas lebih dalam pengelolaan manajemen. Serta memiliki daya saing untuk dapat memajukan dan meningkatkan kegiatan usaha pelaku UMKM.

“Kemudian, diharapkan juga para pelaku usaha dapat menjalin kemitraan yang saling menguntungkan. Dapat menembus pasar modern sekaligus sebagai upaya dalam mencari solusi,” jelasnya.

Asep menambahkan, dalam mengembangkan usahanya para pelaku UMK diharapkan kreatif dan inovatif dan dapat memanfaatkan teknologi informasi atau aplikasi dalam meningkatkan penjualan diantaranya melalui marketplace atau e-commerce.

“Para pelaku UMK juga harus bersinergi dengan instansi terkait seperti DPMPTSP, Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama. Terutama dalam menyiapkan legalitas produk dan legalitas usaha sehingga jaminan standar kualitas dapat terpenuhi,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -