Senin, Juli 4, 2022
BerandaBerita TerbaruUkuran Kunci untuk Membuka Ban Mobil Lengkap dengan Jenisnya

Ukuran Kunci untuk Membuka Ban Mobil Lengkap dengan Jenisnya

Ukuran kunci untuk membuka ban mobil harus tepat. Apalagi jika Anda ingin mencobanya sendiri di rumah.

Ban menjadi salah satu komponen penting pada semua kendaraan.

Karena fungsinya yang vital tentu Anda perlu tahu bagaimana cara merawatnya. Selain itu, mengganti ban mobil sendiri juga perlu Anda ketahui.

Cara ini akan membantu ketika Anda mengalami kerusakan ban saat perjalanan. Dalam kondisi ini Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus mencari bengkel otomotif.

Sebelum mengganti ban atau melepas dan memasangnya dengan ban baru, ada peralatan yang harus disiapkan. Salah satu yang cukup penting yaitu kunci ban.

Kunci ban adalah perlengkapan yang bisa Anda bawa ke mana-mana saat perjalanan.

Fungsi dari kunci tersebut cukup beragam. Termasuk untuk mengencangkan dan mengendorkan mur pada ban.

Apalagi saat ban bocor tiba-tiba, Anda bisa gunakan bantuan kunci tersebut untuk membuka dan melepas ban. Semua kendaraan biasanya sudah dilengkapi dengan kunci ban sebagai perlengkapan standar pabrik.

Anda pun juga harus tahu ukuran kunci untuk membuka ban mobil. Sehingga ketika berada di perjalanan Anda bisa mengatasi masalah tersebut sendiri dengan cepat.

Baca Juga: Baut Roda Depan Mobil Patah, Jangan Sampai Terjadi, Gunakan Cara Ini

Ukuran Kunci untuk Membuka Ban Mobil Standar

Setiap kunci ban mobil memiliki bentuk yang berbeda. Selain itu, ukurannya juga tidak sama.

Sebaiknya Anda perlu tahu ukuran kunci agar dapat menggunakannya secara tepat.

Kunci ban mobil standar biasanya lengkap dengan 3 sampai 4 kepala soket/mata kunci. Mata kunci tersebut berfungsi untuk menyegarkan dan mengencangkan mur roda.

Ada ukuran yang biasanya harus Anda miliki pada kunci ban mobil yaitu 1/2, 3/4, 7/8, 11/16 dan 13/16 inci. Beberapa jenis kunci tersebut juga memiliki ujung sekop datar untuk melepas penutup roda dan sikapnya yang terlalu rapat.

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya Anda tahu bagaimana cara untuk mengatasi ketika ban bermasalah. Sehingga saat terjadi ketika perjalanan, Anda bisa mengatasinya dengan membawa kunci setiap saat.

Jenis Kunci Ban Mobil

Meski memiliki kunci bawaan pabrik, namun tidak semuanya memiliki kualitas yang baik. Sehingga risiko kunci patah akan jauh lebih cepat.

Untuk itu, penting bagi Anda memiliki kunci ban aftermarket.

Mengingat perlengkapan tersebut cukup penting sebaiknya Anda memilikinya. Setelah itu, cari tahu ukuran dan jenis yang tepat sesuai dengan tipe kendaran.

Apalagi kunci ban juga banyak macamnya. Agar Anda bisa menggunakannya secara tepat, sebaiknya cari tahu jenis dan fungsinya.

Berikut ini ada beberapa jenis kunci ban mobil, antara lain:

Baca Juga: Cara Membuka Baut Mobil yang Keras Menggunakan Beberapa Metode

Telescopic

Ukuran kunci untuk membuka ban mobil memang tidak bisa Anda pilih secara sembarangan. Sebaiknya Anda tahu jenisnya. Seperti halnya jenis kunci model telescopic yang mirip seperti bentuk L.

Hanya saja ada perbedaan pada mata kuncinya yang bisa ditukar. Pegangan lebih tebal dan kuat sama seperti mata kuncinya.

Kunci yang satu ini juga hemat ruang dan mudah Anda simpan.

Meski demikian, ada juga kekurangannya yaitu lebih mudah hilang akibat mata kuncinya terpisah dari pegangan. Selain itu, kunci telescopic juga rentan patah daripada kunci lainnya.

Model Palang

Model palang menjadi salah satu jenis kunci ban lainnya yang memiliki ukuran berbeda. Kunci yang satu biasa dijumpai dengan desain menyilang atau 4 lengan.

Adapun kekurangan dari kunci ban palang yaitu tidak bisa disimpan di sembarang tempat. Sebab kunci tersebut memiliki bentuk palang dan boros ruangan.

Namun ada juga keunggulannya yaitu kunci kuat dan tidak mudah patah.

Baca Juga: Fungsi Rotasi Ban Mobil, Agar Keempat Roda Aus Secara Merata

Foldable

Model foldable sama seperti kunci jenis palang. Hanya saja jenis kunci ini bisa Anda lipat dan terdiri dari satu pegangan panjang dan 2 lengan yang bisa terbuka dan tertutup.

Mata kuncinya masing-masing terletak pada ujung lengan. Sehingga sudah pasti Anda akan lebih mudah menyimpannya.

Namun untuk kekurangan dari kunci ini yaitu potensi patah semakin besar karena dua lengan sering dibuka dan ditutup.

Mengetahui ukuran kunci untuk membuka ban mobil memang membantu Anda dapat menentukan jenisnya. Sehingga penanganan akan jauh lebih mudah.

Seperti yang sudah banyak kita ketahui jika jenis kunci ban mobil cukup bervariasi. Hal ini juga membuktikan jika ukuran kunci untuk membuka ban mobil harus tepat sesuai dengan standar pabrik. (R10/HR-Online)