Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruWahana Antariksa Gaia Tampilkan Data Terbaru Pemetaan Bima Sakti

Wahana Antariksa Gaia Tampilkan Data Terbaru Pemetaan Bima Sakti

Wahana antariksa Gaia milik Badan Antariksa Eropa (ESA) berhasil mendapatkan rahasia Galaksi Bima Sakti.

Gaia memang sedang menjalani tugasnya sebagai wahana antariksa untuk memetakan Galaksi Bima sakti ini.

Wahana luar angkasa milik ESA ini berhasil mendapatkan detail Galaksi Bima sakti yang belum pernah ada sebelumnya.

Baca Juga: Evolusi Galaksi Bima Sakti Terungkap, Usianya Lebih Tua dari Perkiraan!

Wahana Antariksa Gaia Ungkap Rahasia Bima Sakti

Pada Senin, 13 Juni 2022 Badan Antariksa Eropa atau ESA merilis penemuan terbaru mereka melalui wahana luar angkasa Gaia.

Penemuan terbaru ini mereka dapatkan dalam upaya untuk memetakan Bima Sakti dalam detail yang belum pernah ada sebelumnya.

Dalam membuat peta 3D Bima Sakti, wahana luar angkasa Gaia telah mengamati sebanyak dua juta bintang dan berhasil mengungkap “gempa bintang” misterius.

Gempa bintang ini terjadi secara misterius dan menyebabkan raksasa berapi yang menyapu laksana tsunami terbesar yang pernah ada.

Badan Antariksa Eropa mengatakan bahwa misi ketiga itu bertujuan untuk merevolusi pemahaman manusia terhadap galaksi yang sudah mereka tinggali sejak jutaan tahun lalu ini.

Baca Juga: Peta Galaksi Bima Sakti, Ilmuwan Ungkap Bumi Menuju ke Lubang Hitam

Data Penemuan Terbaru

Menurut pengumuman hasil penemuan ESA, mereka merilis 3 data Gaia yang berisi detail baru dan tentunya lebih baik untuk hampir dua miliar bintang di galaksi ini.

Katalog tersebut mencapai informasi baru mereka, termasuk komposisi kimia, warna, massa, usia, suhu bintang, bahkan hingga kecepatan bintang yang bergerak menuju atau menjauh dari kita (kecepatan radial).

Sebagian besar informasi dirilis oleh data spektroskopi terbaru. Data tersebut mencakup himpunan bagian khusus dari bintang, seperti perubahan kecerahan mereka.

Data ini juga menjadi katalog terbesar dari bintang biner, ribuan objek Tata Surya seperti asteroid dan bulan dari planet, serta jutaan galaksi dan quasar di luar Bima Sakti.

Baca Juga: Penampakan Bimasakti 400 Ribu Tahun Mendatang, Bikin Pangling!

Gempa Bintang Bima Sakti

Salah satu temuan menakjubkan dari wahana antariksa Gaia adalah pengamatan “gempa bintang” mereka.

Gempa bintang tersebut merupakan getaran besar, kemudian akan mengubah bentuk bintang yang jauh. Ini merupakan salah satu penemuan paling mengejutkan di dalam data terbaru.

Sebab, Gaia tidak dibangun untuk mengamati gempa bintang. Tetapi, ternyata mereka masih dapat mendeteksi fenomena aneh ini.

“Wahana luar angkasa Gaia membuka tambang emas untuk ‘asteroseismology’ bintang masif,” ujar anggota Gaia, Conny Aerts.

Sudah sekitar 50 makalah ilmiah yang terbit bersamaan dengan data terbaru ini. Tentu saja masih akan bertambah di tahun-tahun mendatang.

Adapun Gaia merupakan wahana luar angkasa yang terdiri dari dua teleskop serta kamera yang canggih.

Kamera Gaia beresolusi satu miliar piksel dan dapat mengungkap gambar cukup tajam, bahkan untuk mengukur diameter rambut manusia dalam jarak 1.000 kilometer.

Jadi, tidak mengherankan jika para ilmuwan sangat menunggu-nunggu data dari wahana antariksa Gaia ini. Karena dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai luar angkasa. (R10/HR-Online)