Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita Banjar1 Unit Rumah Roboh di Kota Banjar, BPBD Ungkap Penyebabnya

1 Unit Rumah Roboh di Kota Banjar, BPBD Ungkap Penyebabnya

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang terjadi sejak Jumat (15/6/2022) malam hari mengguyur wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, mengakibatkan sebuah rumah milik warga roboh. 

Rumah tersebut milik Heri Sulistiono, warga Lingkungan Wargamulia, RT 16, RW 7, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Kusnadi, melalui Kasi Darlog, Yudi Andiana, membenarkan adanya rumah warga di Purwaharja yang ambruk karena hujan deras yang terjadi pada hari Jumat (15/7/2022). 

“Hujan yang terjadi sejak kemarin sore bahkan sampai sekarang, mengakibatkan satu unit rumah milik warga di Purwaharja roboh,” kata Yudi Andiana kepada HR Online, Sabtu (16/7/2022). 

Baca Juga : Banjir Bandang Terjang Kampung Naga di Tasikmalaya

Selain akibat guyuran hujan deras, sambungnya, struktur bangunan rumah tersebut juga sudah dalam kondisi lapuk. 

“Kondisi bangunan rumahnya juga sudah mulai rapuh. Jadi jika diguyur hujan deras terus menerus maka tidak kuat menahan,” tambahnya. 

Baca Juga : Cerita Nurbiantoro Warga Kota Banjar Nyaris Tertimpa Rumah Ambruk

Beruntung, dari peristiwa rumah ambruk tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau luka. Akan tetapi, pemilik rumah mengalami kerugian materi yang diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. 

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Sedangkan dari kejadian tersebut, pemilik rumah yang roboh mengalami kerugian materi sekitar mencapai Rp 25 juta,” tandasnya. (Sandi/R5/HR-Online/Editor-Adi)