Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita Banjar3 Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Kota Banjar

3 Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Kota Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Kasus Covid-19 varian Omicron kini mulai menyasar warga Kota Banjar, Jawa Barat. Menurut informasi yang HR Online terima, warga Kota Banjar yang terpapar varian baru Covid-19 ini sebanyak tiga orang.

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Banjar melalui Dinas Kesehatan, mengungkapkan riwayat temuan kasus Omicron tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, Andi Bastian, membenarkan ada warga Kota Banjar yang terpapar varian Omicron.

Adapun 3 orang yang terpapar varian Omicron tersebut, merupakan satu keluarga warga Lingkungan Jelat, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman.

Riwayat Perjalanan 3 Warga Kota Banjar Terpapar Kasus Varian Omicron

Ketiga orang dalam satu keluarga tersebut sebelumnya habis bepergian melakukan kegiatan di Bandung. Kemudian mengalami gejala dan memeriksakan diri. 

“Sebelumnya satu minggu yang lalu keluarga yang bersangkutan melakukan aktivitas di Bandung,” kata Andi Bastian kepada HR Online, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga : Pelonggaran Prokes Pelaku Perjalanan, Dinkes Banjar Ingatkan Vaksinasi

Lanjutnya, setelah itu petugas mengambil pemeriksaan sampel. Dan hasil uji sampel tersebut keluar satu hari yang lalu, ternyata yang bersamaan positif Covid-19 varian Omicron.

Meski begitu, kata Andi Bastian, ketiga pasien tersebut tidak bergejala berat, hanya mengalami gejala ringan. Selanjutnya melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Petugas, lanjutnya, juga telah melakukan penelusuran kepada warga yang melakukan kontak dengan ketiga orang tersebut.

Hasilnya dari tracking tersebut, mereka dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan es PCR.

“Yang bersangkutan hanya mengalami gejala ringan, dan untuk gejala varian ini lebih ringan daripada varian delta,” kata Andi Bastian.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Jabar Ngegas, Ridwan Kamil Minta Warga Tidak Panik

Sementara itu berdasarkan data rekap resiko Covid-19 per 20 Juli, ia menjelaskan, bahwa untuk hari ini tidak terjadi penambahan kasus.

Sedangkan untuk antisipasi dan pencegahan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol Kesehatan dan mengikuti vaksinasi booster.

“Untuk upaya pencegahan kasus varian Omicron ini masih sama dengan pencegahan varian sebelumnya. Kami imbau masyarakat mengikuti vaksinasi booster untuk menambah kekebalan tubuh,” katanya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)