Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Setelah Sholat Maghrib Sangat Sayang untuk Dilewatkan

Amalan Setelah Sholat Maghrib Sangat Sayang untuk Dilewatkan

Amalan setelah sholat Maghrib sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan. Setelah melaksanakan sholat fardhu 3 rakaat ini ternyata pada waktu tersebut menjadi salah satu waktu yang mustajab. Atau bisa juga dikatakan merupakan waktu yang sangat sayang untuk

Amalan tersebut juga menjadi salah satu bentuk ibadah serta ketaatan yang kita lakukan kepada Allah SWT. Sebagaimana tujuan Allah menciptakan jin dan manusia tidak lain dan tidak bukan hanya untuk beribadah kepada Allah.

Pada dasarnya juga amalan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita lakukan itu sangatlah banyak. Bisa tolong menolong, membaca Alquran, memperbanyak berdzikir, bersholawat, menjalankan puasa sunnah, melaksanakan sholat sunnah, bersedekah, membantu orang miskin serta anak yatim, shodaqoh jariyah, ziarah dan pastinya masih banyak lagi.

Baca juga: Waktu Doa Mustajab di Hari Jumat Manfaatkan dan Jangan Lewatkan

Beberapa Amalan Setelah sholat Maghrib

Seperti penjelasan yang sebelumnya, jika ba’da maghrib itu menjadi salah satu waktu yang sangat sayang jika kita lewatkan. Apabila seseorang ingin rezeki serta keberkahan datang menghampiri, maka wajib baginya memanfaatkan waktu ba’da Maghrib untuk melakukan amalan terbaik.

Salah satunya dapat mendatangkan rezeki serta keberkahan apabila kita mampu melakukannya. Bukan hanya itu saja pastinya melainkan amalan ini juga dapat membuat pahala mengalir lancar.

Kendati demikian meskipun kita sudah melakukan amalan tersebut pada waktu setelah Maghrib tapi kita juga tetap harus ikhtiar dalam mencari rezeki. Bukankah pada dasarnya Allah itu tidak akan merubah keadaan suatu kaum Jika ia tidak berusaha untuk mengubahnya sendiri?

Ini juga menjadi peringatan untuk kita. Dalam kehidupan ini usaha dan doa itu haruslah seimbang. Sebenarnya salah satu amalan setelah sholat Maghrib bisa dilakukan setelah melaksanakan sholat fardu lainnya juga. Tahukah Anda Apa amalan tersebut?

Membaca Ya Latief

Ketahuilah membaca Ya Latif setelah sholat magrib sebanyak 129 kali menjadi salah satu amalan yang akan mendatangkan rezeki serta pahala dari Allah. Bukankah amalan ini juga tergolong sangat mudah untuk kita lakukan?

Kendati demikian kita tidak boleh menyepelekan amalan tersebut. Dengan niat yang ikhlas membaca Ya Latif sebanyak 129 kali setiap selesai sholat. Insya Allah segala hal yang berkaitan dengan urusan rezeki akan selalu tercukupi.

Apapun yang kita lakukan dengan menjadikan Allah sebagai sandaran utama. Sudah pasti tidak akan membuat kita kecewa. Begitu juga sebaliknya. Jika kita melakukan sesuatu untuk mendapatkan pujian ataupun perhatian dari manusia. Sesungguhnya yang demikian itu tidaklah ada artinya atau manfaatnya.

Baca juga: Keutamaan Puasa Tasua Akan Lebih Sempurna dengan Puasa Asyura

Dzikir

Kemudian amalan setelah sholat magrib yang bisa kita lakukan adalah dzikir kepada Allah. Dzikir yang seperti apa yang harus kita lakukan pada waktu tersebut? Pertanyaan yang tepat.

Mungkin juga kita merasa bingung mengenai bacaan dzikir yang harus kita amalkan. Pasalnya dalam ajaran agama islam itu tidak hanya satu bacaan dzikir yang bisa dilakukan. Terdapat banyak bacaan dzikir yang bisa kita pilih.

Akan tetapi, salah satu bacaan dzikir yang lakukan oleh Rasulullah SAW membaca, ya muqollibal Qulub Wal Abshori tsabbit Qolbi ala dinika. Artinya adalah, wahai Dzat yang membolak-balikkan hati juga penglihatan, tetapkanlah hati kami diatas agamamu.

Membaca Al-Quran

Selain itu salah satu amalan setelah sholat Maghrib yang juga bisa kita lakukan adalah, membaca Al-Quran. Tapi bagaimana jika kita tidak lancar? Justru tidak masalah. Anda yang membaca Al-Qurannya tidak lancar, jangan sedih. Pahala yang akan Anda dapatkan akan berlipat-lipat. Jangan berhenti untuk terus memperbaiki bacaan Al-Quran.

Sebab, sebaik-baik dari kita itu adalah yang mau belajar Al-Quran dan mengamalkannya. Jadi, meskipun terbata-bata ketika membaca. Semakin rajinlah. Jangan, menjadikan terbata-bata itu sebagai alasan untuk tidak berusaha. Semangatlah untuk terus berusaha guna melakukan amalan yang dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tasbih, Amalkan Supaya Pahalanya Jadi Sempurna

Memperbanyak Berdoa

Banyak sekali lafadz doa yang bisa kita amalkan setelah sholat magrib. Kita bisa mengambil doa-doa tersebut dari penggalan ayat suci Alquran. Misalnya Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz-hadaitana wahablana Min ladunka Rahmah innaka Antal wahhab. Doa tersebut memiliki arti Wahai Allah Tuhan kami, Jangan engkau sesatkan hati kami setelah mendapatkan petunjuk dan Berilah kami Karunia. Karena Engkaulah yang Maha Pemurah.

Bisa juga membaca doa Rabbana zalamna anfusana wa illam taghfirlana watarhamna lanakunanna Minal khosirin.

Pada intinya terdapat banyak doa yang bisa kita baca setelah melaksanakan sholat Maghrib dan menjadi salah satu amalan setelah sholat Maghrib yang tidak boleh ditinggalkan. (Muhafid/R6/HR-Online)