Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruBahaya Kopi Bagi Ibu Hamil Muda, Wajib Waspada!

Bahaya Kopi Bagi Ibu Hamil Muda, Wajib Waspada!

Bahaya kopi bagi ibu hamil muda ternyata tidak bisa kita sepelakan. Sayangnya masih ada saja wanita yang sedang hamil malah lebih sering mengonsumsi minum ini. Padahal ada dampak buruk yang sebaiknya Anda tahu dan waspadai.

Bagi sebagian orang kopi merupakan salah satu minuman yang cukup menjadi favorit. Kaum laki-laki lebih dominan untuk hal menyukai kopi. Tetapi tidak jarang wanita juga senang minum kopi.

Baca Juga: Gejala Saat Akan Melahirkan, Ibu Hamil Wajib Tahu Ciri-Cirinya!

Bahkan ada juga ibu hamil yang meminum kopi berlebihan. Hal ini sebenarnya tidak boleh. Ibu hamil yang meminum kopi berlebihan akan menerima dampak negatif dari kopi tersebut. Terlebih lagi bagi kesehatan janin, kopi merupakan minuman yang cukup berbahaya.

Berbagai Bahaya Kopi Bagi Ibu Hamil Muda

Bahaya kopi bagi ibu hamil muda berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang wanita yang sedang hamil untuk pertama kali.

Sebagai wanita yang sedang hamil, sebaiknya Anda menahan diri agar tidak meminum kopi secara berlebihan atau bahkan setiap hari. Hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi janin Anda.

Bahkan menurut sejumlah informasi, kopi yang Anda minum secara berlebihan tersebut dapat mengakibatkan anak Anda lahir cacat. Tentunya Anda tidak ingin anak Anda sampai menanggung beban tersebut.

Ada sejumlah penelitian secara medis yang mengumpulkan data dari sekitar 60 ribu ibu hamil. Dari penelitian tersebut menemukan adanya bahaya kopi untuk wanita hamil muda. Berikut ini ulasan selengkapnya yang wajib Anda tahu.

Anak Lahir dengan Berat yang Rendah

Meminum kopi setiap harinya bagi ibu hamil dapat menyebabkan anak lahir dengan berat badan yang kurang. Setiap minum kopi 100 mg setiap hari akan berpengaruh hingga 25 gram berat badan anak Anda kelak.

Baca Juga: Olahraga untuk Ibu Hamil, Ini Jenisnya yang Sebaiknya Anda Lakukan

Hal ini tentunya wajib untuk Anda hindari. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda sebagai ibu hamil hindari meminum kopi setiap hari atau secara terus-menerus.

Bayi Lahir Secara Prematur

Dampak negatif atau bahaya kopi bagi ibu hamil muda khususnya yang minum secara berlebihan adalah dapat menyebabkan bayi lahir secara prematur. Hal ini akan berpengaruh setiap 5 jam ibu hamil mengkonsumsi 100 Mg.

Jika ibu hamil meminum kopi secara terus-menerus maka kemungkinan besar bayi akan lahir secara prematur. Tentunya Anda ingin persalinan yang Anda lakukan berjalan dengan normal tanpa ada kendala sedikitpun.

Bijak Minum Kopi Bagi Ibu Hamil Muda

Kopi memang memiliki rasa yang enak dan segar. Rasa enak yang berasal dari minuman kopi ini tidak seharusnya Anda nikmati secara berlebihan. Bahaya kopi bagi ibu hamil muda bisa sedang mengancam kesehatan dan keselamatan janin Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menahan diri agar tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan selama kehamilan. Jika Anda benar-benar ingin meminum kopi, Anda dapat membuat kopi yang tidak terlalu kental.

Setelah itu, minumlah beberapa teguk saja. Namun, Anda harus ingat jangan melakukan hal ini secara terus-menerus. Memang sebaiknya Anda sebagai ibu yang sedang hamil tidak mengonsumsi kopi walaupun hanya sedikit.

Baca Juga: Aromaterapi untuk Ibu Hamil, Ini Pilihan yang Bagus!

Kenikmatan yang Anda rasakan akan memberikan dampak negatif bagi sang buah hati Anda. Bahaya kopi untuk ibu hamil muda ini harus Anda hindari. Tentunya Anda tidak ingin bayi Anda menderita akibat ulah Anda sendiri.

Bagi Anda yang ingin memiliki janin sehat dan lahir dengan selamat, hindarilah mengonsumsi minum kopi. Apalagi sampai meminumnya secara berlebihan.

Itulah beberapa bahaya minum kopi bagi ibu yang sedang hamil muda. Hindari minum kopi agar janin tumbuh sehat. (R11/HR-Online/Editor-Ndu)