Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisBatu Besar yang Tutup Jalan di Kawasen Ciamis Diledakkan

Batu Besar yang Tutup Jalan di Kawasen Ciamis Diledakkan

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil meledakan batu batu besar yang tutup jalan penghubung antar dusun, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Senin (18/07/2022).

Petugas harus meledakan batu yang menutup akses warga Dusun Karangduyung lantaran ukuran batu sangat besar dan tidak bisa mengevakuasinya menggunakan alat berat.

Kepala Desa Kawasen Suharno mengatakan akibat tertutup batu besar, ratusan jiwa Dusun Karangduyung terisolir selama beberapa hari kebelakang. Pemerintah desa terus berkomunikasi dengan Pemkab Ciamis terkait upaya evakuasi batu. Supaya perekonomian warga bisa kembali pulih.

“Alhamdulillah hari ini petugas telah berhasil ledakan batu besar yang tutup jalan. Sehingga akses keluar masuk warga bisa kembali normal, mudah-mudahan tidak ada lagi bencana seperti ini,” katanya.

Suharno juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Ciamis yang telah bergerak melakukan evakuasi batu besar.

Baca Juga: Jalan Tertutup Longsoran Batu Besar, Ratusan KK di Ciamis Terisolir

“Terimakasih kepada pak Bupati, Kapolres Ciamis, Dinas PUPRP, serta seluruh jajaran yang ikut andil dalam pelaksanaan peledakan batu ini,” terangnya.

Sementara itu, Kadis PUPRP Ciamis Andang Firman menjelaskan proses peledakan batu tersebut sejak hari Jumat. Mulai dari mengukur batu hingga mengebor untuk meletakan alat peledak.

Dalam upaya peledakan batu besar yang tutup jalan itu, Pemkab Ciamis kerja sama dengan Dahana dan Polres Ciamis. Sehingga prosesnya dapat berjalan aman dan lancar.

“Setelah hancur, sekarang kami bereskan menggunakan alat berat. Sebentar lagi jalan bisa dilalui masyarakat,” pungkasnya. (Suherman/R9/HR-Online/Editor-Dadang)