Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita PangandaranBupati Pangandaran Dinobatkan Jadi Tokoh Terbaik Penggerak Koperasi

Bupati Pangandaran Dinobatkan Jadi Tokoh Terbaik Penggerak Koperasi

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bupati Pangandaran, Jawa Barat, Jeje Wiradinata, mendapat penghargaan sebagai tokoh terbaik penggerak koperasi dari Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Jeje dianggap berhasil membangkitkan dan mengembangkan koperasi di wilayahnya.

Penghargaan tokoh terbaik koperasi itu, diserahkan di Stadion Utama Kebondalem, Kendal Jawa Tengah, pada momentum Hari Koperasi Nasional ke 75.

Kiprah Jeje Wiradinata di dunia koperasi sudah teruji. Jeje berhasil mengembangkan (Koperasi Unit Desa) KUD Minasari , Pangandaran, yang sebelumnya hampir bangkrut.

Baca juga: Museum Nyamuk, Tempat Wisata Ilmiah Satu-satunya di Pangandaran

Di tangan Jeje, KUD Minasari kembali berfungsi menjadi Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Bahkan saat ini, KUD Minasari sudah mampu membangun minimarket dan restoran.

Jeje mengisahkan, awalnya ia merasa prihatin melihat KUD Minasari hampir bangkrut pada tahun 2012.

Saat itu, banyak nelayan yang mengeluh lantaran harga jual hasil tangkapan laut anjlok, lantaran TPI (Tempat pelelangan ikan) tidak berfungsi.

“Waktu itu koperasi unit desa Minasari Pangandaran punya hutang sangat besar, sampai sampai tidak memiliki alat timbang di TPI,” ujar Jeje, Senin (25/7/2022).

Jeje pun mulai bergerak cepat untuk bisa membenahi KUD Minasari. Ia pun mendapatkan bantuan aspirasi uang Rp 150 juta, dari anggota DPRD Ciamis dan Jawa Barat.

“Uang itu saya gunakan untuk operasional dan membenahi manajemen,” katanya.

Lanjut Jeje, setelah manajemen koperasi sehat, para nelayan di Pangandaran kembali menjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Saat itu, Jeje sempat dimusuhi pengepul ikan ilegal, yang menginginkan ikan hasil tangkapan nelayan dijual ke mereka.

Jeje juga diiming-imingi komisi dari pengepul, jika berhasil membebaskan nelayan menjual ikan ke pengepul ilegal.

Namun tawaran itu ditolak. Jeje tetap tegas dengan idealismenya, yakni mempertahankan TPI Minasari sebagai lokasi pelelangan ikan.

Berkat perjuangan Jeje, kini koperasi unit Desa (KUD) Minasari Pangandaran, tumbuh sehat dan berkembang maju. (Ceng2/R8/HR Online/Editor Jujang)