Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruBurung Pemakan Serangga di Indonesia, Ada yang Dipelihara?

Burung Pemakan Serangga di Indonesia, Ada yang Dipelihara?

Burung pemakan serangga keberadaannya tersebar di seluruh dunia. Jenis burung ini juga terkenal dengan sebutan burung insektivora.

Tentu saja makanan utama dari burung jenis ini adalah berbagai macam serangga seperti jangkrik, semut, kroto, belalang, capung, nyamuk, dan lain sebagainya.

Tujuan burung memakan serangga adalah untuk memenuhi kebutuhan protein mereka agar bisa bertumbuh dengan sehat. Burung yang memakan serangga dapat Anda temui di alam liar maupun sebagai peliharaan.

Baca Juga: Contoh Kingdom Monera, Didasarkan pada Klasifikasinya

5 Jenis Burung Pemakan Serangga

Ada begitu banyak spesies burung yang tersebar di dunia ini. Di antara berbagai spesies burung tersebut tentu memiliki sumber makanan yang berbeda-beda.

Ada burung yang memakan biji-bijian, ikan, buah, bahkan hingga bangkai makhluk hidup. Selain itu, ada juga spesies burung yang mengonsumsi serangga.

Mereka akan menangkap serangga yang sedang terbang atau mengambilnya dari tanaman, air, daun, atau serasah daun. Berikut ini beberapa contoh burung yang memakan serangga.

Burung Pelatuk

Sepertinya semua orang pasti sudah mengenal burung ikonik satu ini. Nama burung pelatuk mereka dapatkan karena kerap mematuk batang pohon dengan paruhnya.

Burung pelatuk memiliki habitat alami di hutan. Mereka gemar menyantap kalajengking hingga semut. Di Indonesia, burung ini dapat Anda temukan di hutan Sumatera, Jawa, dan Bali.

Baca Juga: Pengertian Ordo dan Contohnya Dalam Biologi, Ini Dia!

Burung Kipasan Belang

Sebenarnya burung satu ini masuk ke dalam tipe kicauan dengan fisik yang berukuran sedang. Bulu yang ada di bagian ekor burung dapat bertumbuh cukup panjang layaknya merak.

Sebagai pemakan serangga, Kipasan Belang terkenal cukup agresif dan tidak segan menyerang para pengganggu yang masuk ke daerah kekuasaannya.

Burung Pipit

Keberadaan burung pemakan serangga ini tersebar dari pelosok desa hingga sudut kota. Itulah kenapa mungkin banyak dari Anda yang pernah bertemu burung pipit.

Biasanya burung pipit juga muncul sebagai musuh petani karena kebiasaannya yang menyerobot padi di sawah.

Burung Pipit juga memiliki ciri yang khas dengan bentuk tubuh bulat dan ukuran mungil.

Burung Paok Sayap Biru

Satu lagi burung asli wilayah Asia ini mudah untuk Anda temukan di berbagai kawasan Indonesia. Burung Paok Sayap Biru ini memiliki visual menawan dengan kombinasi bulu sayap berwarna biru cerah.

Termasuk ke dalam kategori burung pengicau, spesies ini memiliki cukup banyak peminat. Warnanya yang memukau juga membuat burung ini banyak dijadikan peliharaan.

Baca Juga: Kingdom pada Hewan: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Burung Cabak

Burung Cabak biasanya lebih suka beraktivitas di malam hari atau nokturnal. Terdapat dua jenis burung Cabak yang terkenal, yaitu Cabak Kota dan juga Cabang Gunung.

Ukuran tubuh burung ini cukup kecil dengan panjang tubuh dari paruh hingga ekor sekitar 22 cm. Warna tubuhnya sekilas mirip dengan kulit pohon.

Selain sebagai pemakan serangga, burung ini tentunya juga memakan biji-bijian, hewan lain, dan tumbuhan. (R10/HR-Online)