Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Copy Tulisan Arab di Android dengan Menggunakan Langkah Mudah

Cara Copy Tulisan Arab di Android dengan Menggunakan Langkah Mudah

Cara copy tulisan Arab di Android memang tergolong sangat mudah, terlebih sekarang ini berkat perkembangan teknologi semua mampu menjadi solusinya. Sebut saja seperti tulisan bahasa Arab yang sangat mudah untuk kita lakukan dalam penulisan maupun peng-kopian.

Nah copy paste sendiri adalah menyalin sebuah teks dalam suatu ruang, sebut saja dalam sebuah web kemudian Anda pindahkan ke dalam room chat. Berkat dukungan teknologi yang semakin canggih, maka Anda tidak perlu khawatir dan pusing lagi untuk menyalin tulisan tersebut.

Baca Juga: Cara Copy Foto di Android dengan Mudah, Simak Trik Berikut Ini!

Cara Copy Tulisan Arab di Android Paling Simpel!

Keberadaan smartphone saat ini bisa Anda manfaatkan dan gunakan untuk menulis sebuah teks, termasuk menulis bahasa Arab. Terlebih bahasa Arab sendiri telah menjadi salah satu bahasa yang sangat istimewa dan populer yang ada di Indonesia.

Itulah mengapa berbagai macam cara untuk menulis Arab hingga menyalin nya di perangkat Android semakin banyak dicari oleh pengguna. Nah huruf hijaiyah sendiri juga menjadi huruf dalam bahasa Arab yang berguna untuk merangkai kata dan kalimat dengan mudah.

Sementara itu perangkat HP biasanya juga akan menggunakan huruf romawi yang berguna untuk menulis bahasa Inggris maupun Indonesia. Sedangkan untuk membuat tulisan bahasa Arab, maka harus mengubah keyboard-nya dahulu menjadi bahasa Arab.

Sehingga untuk menulis Arab pun akan terasa sangat mudah dan simpel tanpa harus pusing-pusing memikirkan bagaimana caranya. Akan tetapi bagaimana jika untuk menyalin nya? Apakah harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau tidak? Simak jawabannya berikut ini!

Baca Juga: Cara Copy File Android ke OTG dengan Langkah yang Mudah, Simak!

Manfaatkan Menu Pengaturan

Cara copy tulisan Arab di Android untuk tips yang pertama ini adalah Anda bisa memanfaatkan menu Pengaturan atau Settings. Namun ini bisa Anda lakukan apabila HP Anda telah mendukung penggunaan bahasa Arab di keyboard masing-masing.

Untuk step by step-nya, pertama-tama Anda bisa membuka pesan chat kemudian tekan opsi kirim pesan untuk memunculkan keyboard. Selanjutnya Anda bisa klik Space lalu tahan sampai beberapa detik untuk segera memunculkan pengaturan bahasa.

Apabila tidak terjadi apa-apa, maka Anda bisa mengklik saja opsi gerigi untuk membuka menu Setting di HP. Pada menu keyboard maka Anda bisa memilih opsi pengaturan bahasa.

Lalu aktifkan bahasa sistem dan tab tambahkan keyboard kemudian langsung pilih bahasa Arab. Terakhir tinggal klik selesai dan keyboard bahasa Arab pun akan langsung muncul untuk kemudian menulis dan menyalinnya.

Gunakan Keyboard Arabic Harokat

Cara copy tulisan Arab di Android juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi Keyboard Arabic Harokat yang satu ini. Pasalnya kehadiran aplikasi ini sangat memudahkan Anda untuk menulis dan menyalin bahasa Arab lengkap dengan tambahan harokat.

Namun untuk bisa menggunakannya, maka Anda harus menginstalnya terlebih dahulu melalui layanan Google Play Store. Bahkan aplikasi ini juga memiliki ukuran yang tidak begitu besar sehingga lebih menghemat ruang penyimpanan HP Anda.

Untuk langkah yang pertama setelah berhasil menginstal lalu buka dan ubah bahasa lalu masukkan dan pilih opsi Keyboard Virtual. Maka Anda bisa langsung memilih untuk mengaktifkan Keyboard Arabic Harokat tersebut.

Nah untuk mengubah bahasa Keyboard, maka Anda bisa menekan kemudian tahan spasi pada keyboard melalui kolom teks. Jika sudah kemudian pilih saja bahasa Arab, dan secara otomatis akan langsung berubah menjadi tulisan Arab.

Baca Juga: Cara Copy Paste di HP Efektif dan Efisien, Berikut Pilihan Langkahnya

Tips Menyalin dengan Mudah

Cara copy tulisan Arab di Android ini sebenarnya sangat mudah dan jika Anda akan memindahkan tulisan tersebut maka simak caranya. Langkah yang pertama Anda bisa menekan beberapa saat tulisan yang akan Anda salin tersebut.

Kemudian Anda bisa langsung menggeser sampai mana tulisan yang akan Anda salin. Layaknya seperti menyalin huruf biasa, jadi nanti akan langsung muncul opsi berupa salin, tempel dan pilih semua.

Maka Anda bisa memilih opsi salin, lalu buka tempat lain yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan tulisan Arab tersebut. Lalu klik tempel dan secara otomatis tulisan Arab tadi akan langsung pindah dengan lengkap.

Namun hal seperti ini bisa terjadi jika setting keyboard Anda sudah support. Bahkan Anda juga telah mengikuti beberapa langkah-langkah pemasangan aplikasi tersebut.

Sebaiknya Anda juga tetap mengatur ulang pada menu pengaturan keyboard milik Anda. Sebab hampir seluruh HP kini telah menyediakan layanan tersebut, sehingga sebelum melakukannya Anda bisa mengeceknya dahulu.

Cara copy tulisan Arab di Android yang baik dan benar seperti langkah-langkah ini, maka bisa menghasilkan tulisan yang tepat. Anda bisa menggunakan beberapa tips tersebut secara simpel. (R10/HR-Online)