Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Daftar Prakerja Lewat HP Android, Para Pemula Wajib Tahu!

Cara Daftar Prakerja Lewat HP Android, Para Pemula Wajib Tahu!

Cara daftar prakerja lewat HP Android merupakan salah satu pencarian yang kini semakin banyak memenuhi internet, mungkin termasuk Anda juga.

Betapa tidak, pasalnya pembukaan program seperti ini sering menjadi pilihan karena mampu mendatangkan banyak keuntungan.

Program kartu prakerja sendiri bermanfaat atau bertujuan untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Jadi program ini akan memberi pelatihan secara gratis serta bersertifikat.

Namun sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk mendaftarkannya.

Baca Juga: Cara Daftar Microsoft Teams di Android Secara Gratis dan Lengkap

Cara Daftar Prakerja Lewat HP Android yang Paling Mudah untuk Anda Ketahui

Kartu prakerja sendiri adalah sebuah langkah strategis yang berhasil dilakukan oleh pemerintah Indonesia, guna membantu masyarakat untuk meningkatkan kemampuannya.

Program ini juga dirancang sedemikian rupa, supaya bisa memberi nilai untuk semua pengguna termasuk bagi sektor swasta sekalipun.

Sementara itu, program ini sendiri juga berjalan pada platform digital serta telah bermitra dengan marketplace terpilih.

Tujuannya adalah supaya para penggunanya bisa dengan mudah untuk mencari, membandingkan, hingga memilih dan memberi evaluasi itu.

Selanjutnya kolaborasi antara swasta dan pemerintah ini juga menjadi bentuk perwujudan dari semangat gotong royong demi sumber daya manusia.

Bahkan sejak tahun 2020 yang lalu sasaran program ini juga semakin meluas dan sampai saat ini masih berjalan lancar.

Kabarnya pada tahun 2022 ini, pemerintah juga telah membuka pendaftaran prakerja, bahkan sudah menyiapkan anggaran hingga 11 triliun.

Lantas bagaimana cara untuk mendaftarkannya? Apakah bisa menggunakan Android? Tentu bisa!

Baca Juga: Cara Daftar Grabfood dan Persyaratannya yang Mudah untuk Usaha

Persyaratan

Sebelum lanjut ke cara daftar prakerja lewat HP Android, maka sebelumnya Anda sudah harus memenuhi beberapa syaratnya terlebih dahulu.

Seperti yang kita tahu bahwa kartu prakerja ni adalah program untuk masyarakat yang berguna mengembangkan kompetensi mereka.

Lulusan yang telah mendaftarkan kartu prakerja ini pun juga bisa mendapatkan kemampuan setelah mengikuti kursus online. Sehingga persyaratan gelombang baru untuk prakerja tahun 2022 ini sebenarnya sama seperti tahun sebelumnya. Apa saja?

Pertama adalah usia minimal sudah harus 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal serta termasuk orang WNI. Pemohon juga bukan anggota TNI, pejabat BUMN, anggota DPR, DPRD, kepala desa, dan anggota-anggota lainnya.

Pemohon yang dimaksud ini adalah mereka korban PHK, para pencari kerja, maupun wirausaha dan tidak sedang mendapat bantuan dari pemerintah. Kemudian memiliki KK lengkap dengan NIK KTP.

Membuat Akun

Cara daftar prakerja lewat HP Android pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun terlebih dahulu. Pasalnya bagi setiap calon peserta ini wajib untuk mempunyai akun prakerja yang bisa mereka akses melalui www.prakerja.fo.id dahulu.

Caranya juga sangat mudah, pertama-tama Anda bisa mengunjungi situs resmi dahulu pada https://dashboard.prakerja.go.id/daftar pada browser HP Anda. Jika sudah, kemudian masukkan alamat email lengkap dengan password lalu klik opsi Daftar.

Nantinya secara otomatis maka Anda akan langsung mendapatkan email pendaftaran dari pihak kartu prakerja tersebut. Kemudian langkah selanjutnya Anda bisa buka email kemudian lakukan verifikasi yang telah diinstruksikan pada email tersebut.

Setelah selesai verifikasi, maka pendaftaran pun sudah berhasil. Kini Anda sudah berhasil dan sukses dalam membuat akun kartu prakerja itu.

Baca Juga: Cara Daftar Gofood, Membangun Bisnis Makanan Dari Nol

Cara Mendaftar

Cara daftar prakerja lewat HP Android ini sebenarnya sangat mudah, karena pihak kartu prakerja telah menyediakan link website khusus.

Sehingga dengan menggunakan link tersebut, maka pengguna bisa langsung mendaftarkan kartu prakerja dengan mudah.

Setelah Anda memiliki akunnya, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan beberapa dokumen untuk kemudian diunggah. Anda bisa mengisi kolom KTP menggunakan nomor NIK dan pada kolom KK dengan nomor KK.

Selanjutnya verifikasi NIK kemudian klik opsi Berikutnya dan jangan lupa untuk mengunggah foto KTP dan foto diri bersamaan dengan KTP Anda. Apabila semuanya sudah terisi tinggal klik opsi Kirim.

Nanti secara otomatis akan langsung muncul beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Sehingga Anda bisa langsung menjawab semua pertanyaan itu sejujurnya, sebab ini berhubungan dengan tema pelatihan yang akan Anda peroleh.

Mulailah untuk mengisi tes dan nantinya hasil tes tersebut akan langsung mendapat evaluasi oleh pihak tim seleksi kartu prakerja.

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar prakerja lewat HP Android kini saatnya Anda untuk mencoba agar mendapat keuntungan. (R10/HR-Online)