Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Kerja Sunroof Mobil yang Jarang Diketahui, Begini Prosesnya!

Cara Kerja Sunroof Mobil yang Jarang Diketahui, Begini Prosesnya!

Cara kerja sunroof mobil memang penting untuk Anda ketahui, karena komponen seperti ini sebenarnya mampu membuat kesan mobil lebih keren.

Jadi tidak heran bagi para pemilik kendaraan yang sudah lengkap dengan sunroof wajib tahu bagaimana cara kerjanya.

Hal ini wajib mereka ketahui adalah supaya bisa memahami pula tentang bagaimana cara untuk merawatnya agar bisa lebih awet.

Oleh karena itu, Anda juga wajib membaca ulasan berikut ini sampai selesai agar paham dan mengerti.

Baca Juga: Cara Merawat Sunroof Mobil Paling Tepat Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Kerja Sunroof Mobil yang Wajib untuk Anda Ketahui dan Pahami

Sunroof mobil sendiri merupakan sebuah kaca pada bagian atap kendaraan dan menjadi hal yang bisa menambah kesan mewah pada mobil. Karena fitur itu sebenarnya hanya bisa kita temui saja pada jenis-jenis mobil premium saja dan tidak semua memilikinya.

Maka dari itu, tidak sedikit pula orang yang rela untuk melakukan modifikasi mobilnya dengan menambahkan komponen itu secara manual.

Biasanya mobil SUV dengan desain sporty pada era ini, biasanya juga sudah memiliki tambahan komponen berupa sunroof itu.

Kemudian model kaca pada bagian atap mobil ini juga menggunakan jenis kaca dengan sistem yang bisa buka tutup sendiri.

Ketika kaca dalam kondisi terbuka maka bisa membentuk sudut tertentu bahkan bisa naik ke bagian atas atau atap mobil Anda. Lantas bagaimana cara kerjanya?

Baca Juga: Perbedaan Sunroof dan Moonroof, Hampir Sama Tapi Tak Serupa, Simak!

Memanfaatkan Modul

Cara kerja sunroof mobil ini sebenarnya akan memanfaatkan modul dan dinamo elektrik yang letaknya berada pada bagian depan atau belakang.

Sehingga dinamo elektrik itu akan menjadi motor penggerak utama supaya bisa mengulur atau penarik kabel baja alias sling.

Pasalnya sling sunroof ini tersimpan dalam selongsong tabung besi pada bagian konstruksi komponen sunroof itu sendiri.

Jadi sling itu juga terhubung dengan engsel kaki yang menjadi bahan dudukan utama dari kaca sunroof untuk bisa bergerak.

Saat kaca sunroof buka, maka modul akan langsung memerintahkan gir tersebut untuk segera mengulur kabel sling yang bisa menggerakkan engsel kaki mundur.

Sehingga saat sunroof tutup, maka dinamo elektrik pun akan langsung menggulung kabel sling agar engsel kaki tertarik.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Ikan di Mobil dengan Bahan Ini, Lebih Mudah!

Pentingnya Merawat

Setidaknya mobil yang sudah memiliki komponen itu pasti akan menawarkan dua benefit yaitu menambah kesan lega dan mewah pada mobil.

Nah, supaya benefit itu bisa lebih maksimal lagi, maka para pemilik kendaraan harus mengetahui juga bagaimana cara perawatannya.

Karena jika tidak kita rawat dengan baik, maka komponen kaca itu akan mudah rusak dan biayanya pun cukup besar untuk memperbaikinya.

Sehingga untuk merawat sunroof, maka Anda harus harus membersihkannya setiap saat dari kotoran seperti debu dan pasir.

Pasalnya debu dan segala macam kotoran lain bisa menempel pada bagian rel sunroof. Hal ini akan membuat rel menjadi bergesekan langsung sehingga membuat macet jalur rel-nya.

Jika Anda biarkan terus-menerus, maka kotoran akan menumpuk sehingga akan mengganggu jalur pembuangan air. Hal ini berakibat saluran drainase akan menjadi tersumbat.

Setelah Anda tahu bagaimana cara kerja sunroof mobil dan perawatannya, maka kini saatnya Anda untuk selalu merawatnya dengan benar. (R10/HR-Online)